Freelancer Wajib Baca Supaya Tidak Menyesal !!



Ngulik Kode - Beberapa waktu lalu saya mendapatkan project yang saya kerjakan bersama teman saya, project yang saya kerjakan berkaitan dengan design/multimedia yaitu di suruh membuat Stop Motion untuk hadiah ulang tahun pacarnya teman saya. Animasi Stop Motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri.

Pada saat itu saya mendapat dua project dengan waktu yang bersamaan, project pertama saya yaitu membuat website company profile untuk sebuah prusahaan, dan project yang kedua Stop Motion itu. Saya lebih utama menyelesaikan project yang kedua dulu, karena lebih mudah dibandingkan project yang pertama.

Karena yang meminta membuatkan Stop Motion itu teman saya sendiri, saya percaya dengan dia tanpa ada perjanjian diawal seperti bayar uang muka terlebih dahulu. Saya langsung mengajak teman saya yang memiliki kamera untuk melakukan suting project tersebut. Sekitar satu minggu lebih suting tersebut selesai, tinggal melakukan editing untuk proses finishing. 

Singkat cerita tiba-tiba temen/klien saya menghubungi saya, untuk membatalkan project tersebut karena dia tidak memiliki uang untuk membayar jasa saya dan teman saya. Saya merasa dirugikan sepihak karena project yang kita kerjakan itu sia-sia saya sudah capek membuat bahan yang diperlukan untuk Stop Motion dan teman saya yang memiliki kamera sudah modal kamera DSLR untuk melakukan suting, hingga 1000 foto lebih yang dihasilkan. ternyata tidak mendapatkan bayaran sedikitpun.

Saya mulai berfikir untuk saat ini dan kedepannya saya lebih berhati-hati untuk memilih project walaupun itu datangnya dari teman sendiri atau orang lain yang baru kita kenal dan melakukan perjanjian di awal, agar tidak ada yang saling dirugikan. Semua yang diatas itu saya ceritakan berdasarkan dari pengalaman yang saya terima, dan saya ingin membagikan pengalaman saya kepada anda semua yang membaca artikel saya ini.

Bagi anda yang pertama kali ingin menggeluti dalam bidang Programmer, Designer, Fotografer dan Freelancer lainnya, dan anda mulai mendapatkan project pertama. Biasanya yang baru pertama kali mendapatkan project sangat semangat untuk menyelesaikan project tersebut, dan langsung menerima project dari klien tanpa ada pikir panjang dan perjanjian diawal, entah itu perjanjian tertulis atau tidak tertulis.

Saran saya jangan terlalu terburu-buru dalam mengambil/memilih project walaupun project tersebut itu dikiranya mudah, tapi anda perlu perhatikan beberapa langkah agar project yang anda buat selesai dengan baik dan mendapatkan bayaran yang pantas. Ada beberapa langkah dalam memilih project, seperti berikut :

1. Lihat dulu siapa yang ngasih anda project, jika orang yang belum pernah anda kenal sebelumnya, anda bisa ajak ketemuan sama orang tersebut di tempat yang ramai dan aman.
2. Lihat project yang diberikan, sesuai dengan bidang anda atau tidak ? dan project tersebut sulit, sedang, atau mudah.
3. Tentukan harga jasa anda, sesuai dengan kemampuan anda. Jika bisa lebih, dari klien minta anda bisa menaikan harga lebih mahal.
4. Lakukan negosiasi sampai kedua pihak setuju, jika klien minta terlalu murah jangan anda langsung mau, pikir-pikir terlebih dahulu. Jika anda merasa rugi dan klien masih tetap dengan harga terendah, tinggalkan saja project itu, nantinya akan cape di anda doang dengan bayaran tidak sebanding.
5. Minta tanda jadi, baik itu tertulis atau tidak tertulis.

Pasti anda memiliki cara sendiri untuk dapat memilih project yang baik dan benar tidak harus seperti contoh diatas, asalkan harus ada tanda jadi seperti yang saya tuliskan diatas.

Sekian dulu tulisan dari saya, semoga bermanfaat untuk anda. Mohon maaf jika ada kesalahan dari penulisan. :)

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *