Mengenal Struktur Directory Project Android Pada Android Studio



Ngulik Kode - Setelah anda berhasil membuat sebuah project baru, alangkah baiknya anda memahami terlebih dahulu struktur directory project android pada android studio ini agar dalam proses pembuatan aplikasi anda tidak akan kesulitan untuk meletakan kode-kode yang nantinya ketika akan digunakan. Struktur Directory Project Android yang ada pada Android Studio hampir sama dengan Struktur Directory Project Android pada eclipse hanya saja Android Studio memang di khususkan untuk membuat atau mengembangkan aplikasi pada android.

Dengan mengenal dan memahami struktur directory project android beserta fungsi-fungsinya kemungkinan besar anda dapat membuat sebuah aplikasi android sederhana dengan mudah dan cepat. Jika tidak kemungkinan besar anda memahami pemrograman android menjadi sulit dan lama dalam proses pembuatan aplikasi.


Perhatikan pada gambar di atas berikut lumayan sulit setruktur pada project android, mari kita bahas satu persatu folder yang terlihat pada gambar di atas tersebut, pembahasan dimulai dari atas terlebih dahulu.

/manifests

Pada forder ini terdapat file yang bernama AndroidManifest.xml file tersebut sangat penting sekali untuk melakukan konfigurasi dalam pembuatan aplikasi android, di sini lah dimana didefinisikan nama aplikasi, icon aplikasi, semua activity yang ada dalam aplikasi serta permission untuk mengakses hardware maupun resource lainnya.

/java

Pada folder ini terdapat dua folder lagi dengan nama com.packge.aplikasi dan satu lagi com.packge.aplikasi (androidTest) biasanya kita sering bekerja menggunakan folder yang com.packge.aplikasi pada folder ini lah tempat tersimpannya activity atau class yang dibuat, berisi source code java dari aplikasi android. dan ini juga salah satu tempat kerja utama dalam pembuatan aplikasi android.

/res

Pada folder ini terdapat empat folder lagi dengan masing masing nama drawable, layout, mipmap, dan values. Directory resource pada project android, dimana berisi semua resource yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi android seperti icon, layout, menu, warna, ukuran, string, dimensi, tema, dan lainya. ini juga salah satu tempat kerja yang paling sering dikunjungi ketika pembuatan aplikasi android, bahkan bisa jadi sebagian besar waktu pembuatan dipakai disini.

/res/drawable

Pada folder ini dimana anda dapat meletakan gambar atau icon yang nantinya akan di butuhkan dalam pembuatan aplikasi android.

/res/layout

Pada folder ini dimana anda melakukan atau membuat sebuah tampilan pada peroject aplikasi android, folder ini juga yang paling sering digunakan dalam membuat project aplikasi android.

/res/mipmap

Pada folder ini hampir sama dengan folder drawable namun disini hanya untuk meletakan icon bar untuk project aplikasi android.

/res/values

Pada volder ini dimana anda bisa melakukan perubahan warna tema pada project aplikasi android, dan anda juga bisa membuat string yang di gunakan untuk memberikan judul aplikasi, nama menu, dan lainya.

Itu dia beberapa struktur directory pada project aplikasi android, untuk lebih jelasnya anda bisa lakukan explore kekunaan dari setiap struktur diatas dalam proses development. Struktur di atas itu hanya directory bari bawaan android studio saja ketika anda pertama membuat project baru, tetapi anda juga bisa menambahkanya sesuai yang dibutuhkan.

Sekian penjelasan singkat dari saya, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda dalam pengembangan aplikasi android. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan berkomentar di kolam komentar dibawah ini.


Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *