Cara Install dan Setting JDK PATH Pada Windows 7



Ngulik Kode - Java Development Kit atau yang biasa kita singkat JDK adalah aplikasi pendukung dalam mengembangkan aplikasi berbasis mobile salah satunya itu android, dalam pengembangan aplikasi android diperlukanya JDK karena aplikasi ini lah yang nantinya pendukung dan juga syarat untuk menginstall aplikasi Android Development Tools (ADT) yaitu Android Studio. Nah pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba memberikan kepada anda yang baru ingin memulai dalam pengembangan aplikasi android, tutorial cara menginstall dan setting PATH JDK pada windows, entah itu Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10 pada dasarnya atau intinya sama dalam proses penginstallan dan setting Path, Kecuali beda sistem operasi yang digunakan.

Pada proses penginstallan JDK tidak lah seperti menginstall aplikasi-aplikasi pada umumnya, karena untuk menginstall aplikasi JDK itu membutuhkan setingan khusus agar aplikasi Java dapat berjalan dengan sempurna. Sebelum kita memulai install JDK anda perlu mempersiapkan bahan-bahan yang ingin di instal yaitu sudah pasti Java Development Kit JDK. Anda dapat men-Unduhnya pada situs resmi penyedia aplikasi JDK pada situs Oracle.

Tutorial Cara Install dan Setting Java SE Development Kit (JDK) Pada Windows

1. Unduh Java Development Kit Versi Terbaru
Silahkan anda men-download versi terbaru dari Java JDK yang disediakan Oracle, terakhir saya men-download dengan versi 7 dan sekarang sudah ada yang versi 8 lebih baik anda menggunakannya dengan versi terbarunya. Kunjungi situs resmi Oracle untuk men-unduh JDK disini 


2. Jalankan Installer Yang Sudah di Download
Jika anda sudah men-unduh nya silahkan anda langsung jalankan file installer untuk lanjut pada proses peng-installan dengan melakukan klik dua kali pada file installer, pada proses ini lakukan seperti proses peng-installan aplikasi pada umumnya. yaitu next, next, close 



Pada proses ini setelah klik next tunggu sampai proses penginstallan selesai, tunggu beberapa saat sampai muncul seperti gambar dibawah ini lalu klik next. dan memulai proses pen-installan kembali jangan anda apa-apa kan tunggu sampai proses selesai, jika sudah selesai proses pen-installan yang kedua bisa langsung anda close nya.


Sampai pada proses ini pen-installan selesai. jika terdapat error pada proses pen-installan lakukanya dari awal kembali. jika memang masih error juga anda bisa men-download nya kembali pada situs resminya Oracle, sesuikan operating sistem yang digunakan dan berapa bit yang anda gunakan pada PC/Leptop anda.

3. Setting PATH Untuk Menjalankan Program Java Pada Windows
Setelah semua proses install JDK selesai lanjut kita memulai setting PATH untuk menjalankan program java pada windows, langkah pertama iyalah mengecek dengan CMD apakah program java sudah berjalan atau belum. jalankan CMD dengan cara Klik Start > ketik 'cmd' pada pencarian lalu enter atau bisa juga dengan tekan logo windows pada keyboard + R > ketik 'cmd' lalu enter


Setelah layar cmd terbuka lalu ketikan 'javac' lalu enter. jika hasilnya seperti gambar diatas, menampilkan pesan kesalahan " 'javac' is not recognize as an internal or external command, operable program or batch file. " berarti Patch Java anda belum di setting.

Untuk setting path java JDK, klik Start > klik kanan My Computer > pilih Properties


Jika sudah kebuka untuk jendela Properties, lalu anda pilih Advanced system setting akan muncul seperti gambar dibawah ini, setelah klik Advanced system settings akan muncul jendela baru lalu anda pilih 'Environment Variables'


Selanjutnya, jendela lain akan terbuka dengan banyak tulisan dan huruf yang cukup membingungkan. Klik dua kali pada variable "Path" pada salah satu kotak pilihan, lihat seperti gambar dibawah ini.

Setelah variabel dibuka, kotak teks di jendela lain akan muncul. Hati-hati untuk tidak menghapus apa pun di kotak ini. Pada akhir kotak teks pada Variable value, menambahkan teks berikut : 
C:\Program Files\Java\jdk1.8.0\bin;
Berikut adalah tempat dimana kita menginstal JDK sebelumnya. Ini adalah asumsi Anda tidak mengubah path file instalasi. Setelah selesai Klik "Apply" dan "OK" untuk semua jendela yang baru saja dibuka.


Buka cmd lagi, untuk melihat apakah itu perintah "javac" telah bekerja pada windows kamu atau belum. dan jika hasilnya seperti gambar dibawah ini berarti java telah bekerja di PC/Laptop kamu.


Sampai disini proses pen-installan dan setting JDK Path sudah berhasil, anda sudah bisa memulai pemrogramman java. Semoga dengan tutorial yang singkat ini dapat membantu anda dalam proses belajar. Terimakasih juga anda telah berkunjung pada blog saya yang sederhana ini. sampai bertemu pada artikel/tutorial berikutnya..

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Ariq Noballz
AUTHOR
December 27, 2016 at 12:58 AM delete

Enggak windows doang kok mas.
Di linux pun bisa belajar bahasa pemrograman java. :D

Reply
avatar
Ngulik Kode
AUTHOR
December 28, 2016 at 1:03 AM delete

Memang bisa mas, saya cuma mencontohkan yang menggunakan sistem operasi windows. atau mungkin saya nanti buat juga tutorial untuk linux ? :D

Reply
avatar
Hufi Utami
AUTHOR
November 20, 2017 at 4:54 AM delete

ka, di step environment variable itu di kotak atas itu kaka ada tulisan path ya, di komputer aku gaada, dan dikotak bawah pas diklik path nya juga beda directorynya
gimana ka solusinya?

Reply
avatar

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *