Cara Daftar Google Play Developer Menggunakan Rekening BNI Taplus


Ngulik Kode - Hallo, pasti dari kalian ingin sekali memiliki akun Google Play Developer ? ya, termasuk saya ini sebagai pengembang aplikasi android kita harus memiliki akun Google Play Developer agar bisa memasarkan aplikasi buatan kita pada Google Play, dan supaya bisa digunakan orang banyak. Tapi masih banyak sekali yang bingung untuk mendaftar akun Google Play Developer karena tidak gratis untuk mendaftar akun Google Play Developer ini dibutuhkan Dana sekitar US$ 25 sekitar 400Ribu Rupiah waktu saya daftar, kalau sekarang kurs dollar saya juga kurang tau berapa. anda juga bisa ceknya sendiri kurs dollar saat ini di BI.go.id

Selain dibutuhkan dana sekitar US$ 25 Sekitar 400Ribu Rupiah, agar bisa mendaftar akun Google Play Developer ini kita juga diharuskan memiliki Kartu Kredit karena dengan benda itu lah kita untuk melakukan pembayaran pada akun Google Play Developer, eehhh tapi masih ada cara lain loh selain menggunakan Kartu Kredit yaitu dengan menggunakan kartu Debit dari BNI yang ada berlogo MasterCard.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan ?

Anda harus memiliki kartu debit BNI yang sudah ada logo MasterCard, jika belum memilikinya segeralah upgrade ke bank terdekat atau ke bank penerbit kartu debit milik anda. Berikut ini adalah contoh dari kartu debit BNI yang berlogo MasterCard.


Jika anda sama sekali belum memiliki Rekening BNI, anda bisa membuatnya terlebih dahulu ke bank terdekat dari daerah anda. proses pembuatan tidak lama kok, *kalau tidak banyak yang ngantri. Ohh iya jangan lupa juga bilang sama mba-mba atau mas-mas CS (Customer Service) untuk mengaktifkan layanan mobile banking, karena dengan fitur ini lah yang nantinya dibutuhkan untuk mendaftar akun Google Play Developer.

Untuk membuka rekening, anda membutuhkan setoran awal Rp.250.000,00 tapi pada kasus ini setoran awal sebaiknya Rp.500.000,00. Karena nanti akan digunakan untuk VCN dalam mendaftar Google Play Developer sebesar US $25

Baca Juga Artikel : Persyaratan Untuk Membuka Rekening Baru BNI

Setelah selesai membuat Rekening BNI anda sudah bisa langsung menggunakannya tanpa harus menunggu 1x24 Jam, tapi masih menggunakan PIN default dari BNI belum bisa merubah PIN tapi itu gak jadi masalah sih, karena PIN dicatat pada lembaran kertas didalam amplop beserta buku tabungan.

Aktifkan fitur BNI mobile banking

Pastikan pada fitur ini sudah aktif dan dapat digunakan, pada fitur ini lah yang paling penting untuk me-request VCN (Virtual Card Number) yang nantinya untuk dimasukan pada form pendaftaran akun Google Play Developer. Untuk mengaktifkan fitur ini bisa melalui ATM atau Bank tapi lebih cepat dari ATM tanpa perlu menganri lagi.

Mengaktifkan fitur VCN (Virtual Card Number)

Setelah fitur mobile banking anda aktif, anda bisa request VCN dengan mengetik SMS seperti dibawah ini lalu kirim ke nomer 3346
 REQ VCN 400000
Saya sengaja menggunakan nominal 400000 agar tidak gagal saat mendaftar akun Google Play Developer.

Jangan takut saldo anda terpotong Rp.400.000,00 karena VCN hanya mengurangi biaya yang sebenarnya. Sisanya akan dikembalikan ke rekening anda lagi.

Setelah anda request VCN, kamu akan mendapat SMS balasan berupa instruksi untuk memasukan 2 anka PIN kamu. setelah itu baru akan dibalas dengan SMS nomer VCN, valid date, dan CVC2.

Jika VCN anda berhasil dalam proses pendaftran oleh pihak google, saldo anda akan terpotong sebesar US$ 25 yang dikonversikan dalam bentuk rupiah. Dalam kasus saya, saya terkena Rp. 341.800,00 untuk US$ 25. Cukup mahal, jika dihitung per dollar-nya kena hampir Rp. 13.672,00.

Mendaftar Google Play Developer Console

Setelah anda mendapatkan balasan SMS, segera daftar Google Play Developer Console.Hal ini karena VCN yang anda request hanya berlaku dalam 1 jam saja. Untuk mendaftar Google Play Developer Console, anda bisa mengunjungi tautan ini : Google Play Developer


Setelah itu klik "Continue to payment" dan masukan data anda dan data request VCN yang anda dapatkan. Ikuti saja alur yang diberikan oleh Google. Setelah selesai, kamu akan menerima email yang berisi status pembayaran kamu. Biasanya statusnya adalah "Pending" tunggu sekitar 5-6 jam sampai statusnya berubah menjadi "Complete"


Jika sudah berhasil, silahkan anda login dengan menggunakan email yang anda daftarkan jika sudah berhasil masuk kedalam Google Play Developer Console anda sudah bisa publikasi kan aplikasi yang sudah anda buat kedalam Google Play Store.

Semoga pengalaman yang saya bagikan ini bermanfaat bagi anda yang ingin mendaftar Google Play Developer Console tanpa menggunakan kartu kredit. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah ini.

8 komentar

  1. kalau narik penghasilan jkita di google play gimana caranya pakai vcc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah membuat aplikasi berbayar jadi saya belum mengetahui bagaimana cara melakukan penarikan penghasilan dari google play. :3 klo penghasilan dari iklan mungin saya pernah. :)

      Hapus
  2. langkah input no vcn nya gak ada gan. tolong dilengkapi soalnya aku gagalnya disitu.

    BalasHapus
  3. Saya berhasil daftar akun google developer gan. Pembayaran pakai Bank lokal sama Bitcoin. Buat akun nya disini gan gak pake ribet https://goo.gl/mh15U2

    BalasHapus
  4. Tolong cara narik duit di gogolplay dari aplikasi berbayar bagaimana?

    BalasHapus
  5. Bagi Yg gk punya kartu kredit Daftar akun GoDev Console. Aman, cepat jadi disini gan https://goodeveloper.website2.me

    BalasHapus
  6. Kalau pembayaran di tolak google apakah uang kita kembali ke rekening?

    BalasHapus
  7. saya sudah bayar dan pembayaran berhasil, tapi saat mencoba login tidak bisa dan harus registrasi ulang mohon bantuannya

    BalasHapus


EmoticonEmoticon