Spesifikasi Leptop/PC Untuk Menginstall Android Studio



Ngulik Kode - Walaupun Android Studio sudah lama sekali dirilis yang versi 1.0 dan saat ini sudah mencapai versi 2.1 tetapi developer Indonesia masih banyak sekali yang menggunakan Eclipse sebagai tools untuk mengembangkan aplikasi android. Hal yang satu ini masih di anggap wajar karena untuk mengembangkan aplikasi android menggunakan Android Studio ini memerlukan spesifikasi Leptop/PC yang bisa dibilang menengah keatas, agar bisa menjalankan Android Studio pada Laptop/PC yang anda miliki.

Pada artikel kali ini saya ingin membagikan kepada anda spesifikasi minimum untuk menginstall Android Studio pada komputer anda, agar dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apapun pada saat pengembangan aplikasi android.

System Requirement Android Studio di Windows :

1. OS Windows 7/8 32 - 64 bit
Bagi anda yang menggunakan OS Windows yang di rekomendasikan adalah Windows 7/8 32 - 64 bit kalau untuk OS yang lain saya kurang tau, karena saya sendiri belum pernah mencoba men-install pada OS selain Windows.

2. RAM 2GB, Disarankan memakai RAM 4GB
Nah untuk RAM ini yang masih banyak dipertanyakan, disarankan menggunakan 4GB terapi saya sudah menggunakan RAM yang 4GB masih saja terasa lambat dalam proses pengembangan aplikasi android, apa lagi yang masih 2GB RAM nya hehe gak tau deh. Jika masih terasa lemot pada RAM 4GB anda bisa menambahkannya 2GB lagi atau tambah dengan yang 4GB lagi.

3. 400MB Ruang di Hardisk
Ruang kosong hardisk ini sangat dibutuhkan, untuk menyimpan file installan dari aplikasi Android Studio tersebut.

4. 5GB lebih untuk Android SDK,Emulator ,dan cache
Nah ini yang banyak sekali memakan space pada hardisk anda, karena nantinya kalau ada versi android terbaru yang telah dirilis oleh pihak google, SDK ini lah yang nantinya akan ikut di update, dan pastinya size dari file SDK tersebut akan ikut bertambah.

5. 1280 x 800  Minimum Resolusi Layar
Untuk ukuran layar komputer anda tidak lah sangat berpengaruh, tapi lebih baik menggunakan yang disarankan diatas agar tidak terlihat kecil kalau menggunakan yang spesifikasi dibawahnya dari spesifikasi diatas.

6. Java Development Kit (JDK) 7
Untuk Java Development Kit ini masih menggunakan yang versi JDK 7, tetapi sekarang sudah tersedia yang versi JDK 8 pada situs resmi Oracle. Tetapi saya masih belum tau yang JDK versi 8 sudah suport Android Studio atau belum. Kalau sudah support lebih baik menggunakannya yang versi terbarunya.

7. Untuk bisa mengakses emulator terbaru pastikan intel processor kalian mendukung Intel® VT-x, Intel® EM64T (Intel® 64), and Execute Disable (XD) Bit functionality

Berikut adalah spesifikasi bagi anda yang berniat kuat untuk hijrah dari Eclipse ke Android Studio perangkat yang harus anda siapkan adalah seperti yang dijelaskan diatas. Jika anda ingin menggunakan spesifikasi komputer lebih dari yang dijelaskan diatas silahkan saja malah lebih bagus karena dapat menunjang pekerjaan anda, yang lebih baik lagi.

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *