Tutorial Cara Membuat Recent Comment Unik Pada Blog



Ngulik Kode - Memasang widget Recent Commnet pada blog memang sangat dibutuhkan untuk mengetahui siapa saja yang terakhir kali komentar pada blog anda. Selain itu recent comment juga dapat mengisi sidebar yang kosong sehingga sidebar tidak terlihat kosong begitu saja dan agar tampilan pada blog anda lebih menarik. Tetapi juga blog yang terlalu banyak widget juga tidak baik, blog yang terlalu banyak dipasangkan widget menjadi tidak SEO frendly bagi pengunjung anda. dikarenakan loading blog menjadi lambar dan tidak layak untuk dibuka oleh pengunjung.

Dalam membuat widget recent comment pada blog kita hanya tinggal pakai para pengembang widget blogger yang memberikannya secara cuma-cima alias gratis dan anda tinggal memakainya. Jadi kalian tidak perlu utak-atik kodingan yang cukup melelahkan otak dan mata, kecuali memang itu hobi anda utak-atik kodingan agar jauh lebih menarik dan lebih keren lagi tampilannya.

Bagi anda yang belum tau seperti apa recent comment itu dan sekaligus memantapkan anda untuk tentang pemahaman anda mengenai widget ini. Untuk tampilannya recent comment itu seperti pada gambar diatas, dengan ditambahkan avatar si orang yang telah komentar di blog anda. nantinya widget recent comment yang akan dipasang pada blog anda akan tampak seperti gambar di atas.

Tutorial Cara Membuat Recent Comment Unik Pada Blog

Kelebihan dari recent comment ini adalah sudah menggunakan bahasa pemrograman HTML5, jadi bagi anda yang suka dengan validator, anda tidak perlu susah-susah untuk mengeditnya lagi. Dan anda juga dapat men-setting nya sesuai dengan kemauan anda tanpa harus membongkar script yang sudah disediakan. Langsung saja kita mulai untuk memasang recent comment pada blog :

1. Pastikan anda sudah login dan masuk ke Dasbhor blog anda
2. Pilih menu pada bagian kiri, lalu anda pilih Tata Letak ~► Tambah Gadget ~► HTML/Javascript
3. Salin dan tambahkan kode dibawah ini ke jendela yang baru saja kebuka HTML/Javascript


4. Jika sudah semua dilakukan, sekarang anda tinggal menyimpannya.

Sebelum menyimpanya anda perhatikan kode-kode diatas jika perlu untuk custom dari widget recent comment agar sesuai ketika dipasang pada blog anda, anda bisa melihatnya cara custom dari widget recent comment dibawah ini, jika tidak anda bisa langsung menyimpannya.

Custom Widget Recent Comment Dengan Avatar

Untuk menyesuaikan blog anda widget recent comment diperlukan custom pada kode CSS diatas, berikut ini penjelasan script yang dapat anda custom.

numComments = 5 (jumlah komentar yang ditampilkan)
showAvatar = true (false, apabila ingin tidak menampilkan avatar)
avatarSize = 35 (ukuran avatar dalam pixel)
roundAvatar = true (avatar bulat)
characters = 40 (jumlah karakter isi komentar)
defaultAvatar = "http://www.gravatar.com/avatar/?d=mm" (avatar default)

Jika semua sudah disesuaikan dengan blog anda, anda sudah bisa menyimpanya. dan silahkan lihat hasilnya.. Sekian tutorial dari saya semoga dapat bermanfaat untuk anda semua.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Ngulik Kode
AUTHOR
July 9, 2016 at 4:23 AM delete

admin baru pasang emoticon commentar baru loh. sekarang admin mau coba emoticon, boleh ?

:) :-) :D u_u :3 /) :ng :p :"( :( :-( :"s :O :-D :xp :hah

Reply
avatar

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *