Bagaimana Pengiklan Membayar Developer Android ?


Money Ngulik Kode

Ngulik Kode - Alasan yang sangat penting untuk pengembang aplikasi android adalah menghasikan uang dari aplikasi android yang di buat. sudah bukan rahasia lagi saat ini banyak developer aplikasi mobile atau android berlomba-lomba untuk menciptakan aplikasi yang menarik agar bisa menghasilkan uang lebih dari aplikasi buatan mereka. Salah satunya dengan memasang iklan pada aplikasi yang di buatnya. Jika berbicara tentang iklan, maka kita pasti berbicara juga tentang advertiser (pasang iklan) dan juga publisher (penerbit iklan). Advertiser memasang iklan dengan tujuan untuk mempromosikan produk, merek, dan layanan melalui iklan tersebut. Sedangkan Publisher adalah menerbitkan iklan yang diberikan pada Advertiser untuk mendapatkan uang.

Karena pada kesempatan kali ini, artikel ini ingin membahas tentang bagaimana cara aplikasi mobile khususnya andrid untuk menghasilkan uang atau monetisasi, makas saya ingin membahas dari sisi publisher. Publisher ini juga bisa disebut sebagai pengembang aplikasi mobile yang memasang iklan pada aplikasinya.

Pasti dari kalian sebagai pengembang aplikasi mobile sudah mengetahunya tentang pengiklanan sebagai model monetisasi. Untuk memaksimalkan penghasilan, diperlukannya pengetahuan mendalam tentang iklan tidak semudah yang dibayangkan semua pengembang aplikasi pemula. dan juga setiap model iklan memiliki strategi untuk pemanfaatannya yang lebih maksimal.

Bagaimana Pengiklan Membayar Anda ?

Sama seperti halnya pengiklan pada web/blog dan juga pada video web/video online pada dunia advertiser memiliki istilah-istilah yang sama. Namun bagi anda yang sama sekali belum pernah mencoba dalam dunia iklan anda akan merasa kebingungan dengan istilah-istilah tersebut. Berukut adalah beberapa istilah-istilah yang bisa ada pada dunia iklan :

Cost Per Click (CPC) (English) / Biaya Per Klik (BPK) (Indoneisa)
Harga yang dibayarkan oleh advertiser setiap satu klik oleh pengguna ponsel yang dihasilan oleh publisher. istilah CPC dan BPK itu intinya sama hanya saja beda menggunakan bahasa.

Click-Through
Proses di mana pengguna ponsel diarahkan ke sebuah landing page ketika mengklik sebuah link di iklan.

Click-to-Call
Pengguna ponsel secara otomatis menginisiasikan panggilan telepon ke nomor tertentu ketika mengklik sebuah link di iklan.

Click-Through Rate (CTR)
Cara untuk mengukur kesuksesan sebuah kampanye iklan di online ataupun mobile. CTR dihitung dengan banyaknya pengguna yang mengklik iklan dibagi dengan berapa kali iklannya ditayangkan.

Cost Per Mille / Cost Per Thousand (CPM)
Harga yang dibayarkan oleh advertiser ke publisher untuk penayangan iklan sebanyak 1.000 kali.

Effective Cost Per Thousand (eCPM)
Sebuah ukuran yang merepresentasikan penghasilan yang dihasilkan dari berbagai kanal marketing. eCPM dihitung dengan total penghasilan dibagi dengan total impression dalam seribu.

Berikut adalah istilah yang sering didengar oleh seorang Publisher tidak semua istilah yang saya masukan disini, Daftar yang ada diatas didapat dari Adfonic dan MMA, untuk melihat daftar istilah lebih lengkapnya anda bisa melihat dokumen Mobile Marketing Industry Glossary dari MMA atau di situs Adfonic.

Sekian yang bisa saya sampaikan, baca juga artikel menarik yang lain dibawah ini, dan jangan lupa juga untuk share ke teman-teman anda jika artikel ini menarik.

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *