Cara Menentukan Lokasi User Google Maps Android Dengan Android Studio


Ngulik Kode - Google Maps adalah layanan pemetaan yang dimiliki dan dikembangkan oleh Google. Citra satelit, peta jalan, 360° panorama jalan-jalan (Street View), kondisi lalu lintas real-time (Google Traffic), dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (dalam versi beta), atau angkutan umum. [Sumber]  Google maps bukan hanya tersedia pada web saja, namun sekarang juga sudah ada pada perangkat mobile yaitu android. Google menyediakan API (Application Programming Interface) pada maps yang diperuntukan bagi developer android, untuk membangun atau mengembangkan Aplikasi pemetaan mereka yang disebut dengan Google Maps API.


Pada tutorial sebelumnya saya sudah memberikan tutorial cara menampilkan Google Maps API pada aplikasi android, yang akan kita lanjutkan untuk Menampilkan Lokasi User Pada Aplikasi Android dengan menggunakan Android Studio. Jika anda belum membaca artikel yang saya bagikan sebelumnya, anda bisa melihatnya kembali agar lebih paham lagi dalam proses pembuatan.


Langsung kita mulai untuk melakukan pembuatan aplikasi Google Maps Android dan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

1. Melakukan Penambahan Kode

Jika anda sudah mengikuti petunjuk pada artikel sebelumnya anda dapat melanjutkannya pada bagian artikel ini agar aplikasi maps yang ingin kita buat dapat menunjukan titik lokasi pengguna pada saat ini. Lalu pada saja yang harus di rubah atau di tambahkan ? Sekarang kita melakukan perubahan kode pada bagian activity_main.xml menjadi seperti pada kode dibawah ini.

activity_main.xml


Sekarang menuju pada bagian MainActivity.java untuk melakukan perubahan hingga menjadi seperti kode dibawah ini.

MainActivity.java


Jika sudah melakukan perubahan silahkan test proyek apakah ada yang error atau tidak. Jika setelah melakukan perubahan seperti kode di atas tetapi ada kode yang error pada kode bagian googleMap = fm.getMap(); dan googleMap.setMyLocationEnabled(true); silahkan anda menuju build.gradle untuk melakukan perubahan kode menjadi compile 'com.google.android.gms:play-services:8.3.0'



Sekarang kembali jalankan proyek apakah masih ada error atau tidak. Jika tidak ada yang error maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

 

Naaah seperti itu kurang lebihnya.. Sekian tutorial dari saya yang dapat saya sampaikan kepada anda, jika masih kurang jelas dari penjelasan diatas dan ada yang ingin di tanyakan silahkan tanyakan pada kolam komentar. - Terimakasih


Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Ryza
AUTHOR
August 12, 2017 at 6:07 AM delete

kk kenapa aku coba.. tpi di emulator tampilnya posisi usernya di googleplex

Reply
avatar

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *