Cara Push, Pull, Commit Project Pada Github, Belajar Memahami Github Bagi Pemula



Ngulik Kode - Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tutorial kepada anda cara mudah push, pull, commit project ke Github dengan menggunakan aplikasi SourceTree. SourceTree adalah salah satu tools GIT yang menurut saya sangat berguna dan user friendly, akan tetapi Tutorial Berbahasa Indonesia masih sangat sekali minim, sehingga kemudahan ini masih banyak orang tidak mengetahuinya. Oleh karenanya saya ingin memberikan tutorial kepada anda tentang aplikasi SourceTree ini.

Pada dasarnya Git merupakan source control yang berbasis command line, akan tetapi berbagai macam aplikasi GUI Tools sudah banyak di jumpai agar dapat memudahkan kita dalam proses pengerjaan sebuah project atau mempermudah kita yang tidak terlalu mahir dalam penggunaan syntax-syntax tersebut, salah satunya itu SourceTree ini.

Langsung saja saya mulai untuk proses yang ingin saya contohkan yaitu cara push, pull, commit project ke github dengan menggunakan aplikasi SourceTree. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan ? Berikut adalah beberapa yang perlu anda persiapkan untuk memulai peroses.

1. Installan Aplikasi SourceTree

Bagi anda yang belum memiliki aplikasi SourceTree, anda dapat men-download nya pada web resmi yang sudah disediakan oleh pengembang aplikasi SourceTree. Aplikasi ini gratis, benar-banar gratis untuk berbagai macam keperluan komersial atau non-komersial. Anda dapat men-download nya pada link dibawah ini.
Download
click to reddirect

2. Akun Github

Pastikan anda sudah memiliki akun Github, jika belum memilikinya anda dapat membuatnya terlebih dahulu dengan melakukan register terlebih dahulu, https://github.com/ atau lihat tutorial cara mendaftar akun Github Disini. Lalu kemudian anda login pada akun Github nya.

Jika sumua keperluan diatas sudah anda siapkan, sekarang kita mulai masuk pada tutorial, ikuti contoh dan prosesnya seperti dibawah ini :

Buat Repository Github
Pertama yang harus anda lakukan adalah untuk menyimpan data-data project pada Github, terlebih dahulu anda membuat repository. Caranya anda klik tanda + pada bagian kanan-atas lalu pilih "New Repository" Lalu anda buat nama untuk repositorinya, lalu klik "Create Repository" jika sudah maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.


Jalankan Aplikasi SourceTree
Setelah itu buka aplikasi SourceTree, jika sudah terbuka aplikasinya maka tampilannya akan seperti gambar dibawh ini. *Pastikan anda sudah login aplikasi SourceTree nya dengan menggunakan akun Github yang anda sudah buat.


Jika aplikasinya sudah terbuka, selanjutnya klik Clone/New yang ada pada pojok kiri-atas, dan akan muncul dialog box seperti gambar dibawah ini.


Penjelasan dari tampilan berikut adalah pada bagian Source Path/URL : itu adalah lokasi repository yang kita buat caranya adalah klik browse pada gambar "bumi", maka akan tampil semua repository yang kita sudah pernah buat, lalu pilih salah satu repository. Kemudian pada bagian Destination Path : itu adalah lokasi penyimpanan lokal yang kita ingin tempatkan.

Harus anda ingat lokasi penyimpanan lokal anda, karena ketika kita akan melakukan pull, push, commit dilakukan pada penyimpanan lokal tersebut. Jiak sudah klik Clone.

Melakukan Proses Commit & Push
Kemudian anda buka folder lokal kalian, lalu pindahkan dan letakkan semua file project kalian folder lokal kalian. Saya berikan contoh meletakkan satu file kedalam folder lokal, lihat seperti contoh gambar dibawah ini.


Lalu anda simpan file yang sudah dibuat, sekarang kembali ke aplikasi SourceTree ketika ada file baru yang di letakkan pada folder lokal maka akan terdeteksi pada aplikasi SourceTree, maka akan seperti gambar dibawah ini.


Kemudian anda pindahkan file yang tadi sudah dibuat menjadi keatas dengan cara klik button "Stage All" kemudian anda isikan komentar yang anda inginkan. Jika sudah anda lakukan Commit, tunggu beberapa saat hingga proses selesai.


Jika sudah maka pada bagian menu Push diatas terdapat notifikasi angka 1 itu artinya ada satu file yang sudah siap di kirim pada server Github. Lalu anda klik menu Push tersebut sehingga muncul dialog box lalu anda klik button Push tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai. Jika sudah selesai anda bisa cek pada Github, apakah sudah masuk apa belum. Jika berhasil akan tampak seperti gambar dibawah ini.


Melakukan Proses Pull
Sampai disini proses commit dan push sudah selesai dilakukan, Kemudian kita akan mencoba melakukan pull, yakni menarik/mengambil file yang ada pada repository. Terlebih dahulu anda membuat file baru pada Github untuk mencoba menarik/mengambil file yang telah dibuat pada repository ke dalam folder lokal. Caranya adalah dengan menekan tombol menu Pull. Kemudian akan muncul dialog box seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik OK.


Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dilakukan, jika proses sudah selesai sekarang cek pada folder lokal anda apakah file yang di tarik tadi sudah masuk atau belum. Jika sudah maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.


Sampai disini proses Push, Pull, dan Commit sudah selesai dilakukan, Sekian yang dapat saya sampaikan kepada anda. Jika ada yang ingin di tanyakan silahkan komentar dibawah. Sekian dan Sampai Jumpa.

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *