Istilah-Istilah Pada Git, Belajar Github Bagi Pemula



Ngulik Kode - Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan penjelasan kepada kalian yang ingin memulai untuk belajar Git atau Github. Pada Git banyak sekali istilah-istilah yang harus kita pahami istilah-istilah tersebut mungkin belum pernah kalian dengar sama sekali. Git ini juga bisa disebut Version Control, Version Control adalah sebuah aplikasi yang mampu mengelola perubahan terhadap file. Dia mencatat perubahan apa saja yang terjadi, kapan terjadi, siapa yang mengubah, dan apa isi perubahannya.

Berikut, dibawah adalah beberapa istilah-istilah yang sering kali kita dengar ketika mempelajari Git atau Github antara lain :
ISTILAH DESKRIPSI
Repository Database yang menyimpan history/ riwayat perubahan
Snapshot Potret kondisi file dan folder pada saat tertentu
Commit Snapshot yang disimpan di repository
Branch Serangkaian commit yang berkaitan sehingga kalau digambar seperti garis lurus berisi banyak commit. Satu repository bisa berisi banyak branch.
Master Nama branch default yang diberikan git pada waktu kita membuat repository. Branch master ini tidak istimewa. Dia bisa dihapus dan direname sesuka hati.
Head Ujung branch, commit terbaru di dalam branch
HEAD Head yang sedang aktif. Walaupun satu repository bisa memiliki banyak branch, tapi cuma satu yang aktif.
Working Folder Folder berisi file dan folder tempat kita bekerja. Biasanya working folder berisi banyak file source code untuk aplikasi yang sedang kita buat. Git memantau working folder ini, dan bisa mengetahui file dan folder mana yang sudah berbeda dari posisi commit terakhir. Perbedaan atau perubahan ini bisa disimpan menjadi commit baru, atau dikembalikan ke kondisi sebelum diubah.
Staging Area Snapshot dari working folder yang akan kita simpan pada saat commit. Ini adalah fitur unik Git yang tidak dimiliki version control lain. Dengan adanya staging area, kita bisa memilih perubahan mana yang akan di-commit dan mana yang tidak.
Object Store Ini adalah database tempat semua commit disimpan.
Berikut adalah beberapa istilah-istilah yang ada pada Git atau Github beserta penjelasanya agar kalian bisa lebih memahaminya lagi. Sekian yang dapat saya sampaikan, jika ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kolam komentar dibawah.

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *