Download Project Aplikasi Survey Dengan Framework Codeigniter dan Jquery Mobile


Ngulik Kode - Kali ini saya tidak ingin membagikan tutorial kepada anda, tetapi saya ingin membagikan source code dari proyek yang sudah saya selesaikan. Apa itu proyeknya ? Proyeknya adalah semacam Aplikasi Survey gitu. Konsep dari peroyek ini cukup sederhana sih, hanya Mengisi - Simpan - Generate ke PDF.

Pada proyek ini saya menggunakan Framework Codeigniter sebagai back-end dan Framework Jquery Mobile sebagai front-end. Karena aplikasi ini ingin berjalan pada device Android, dari permintaan si client demi mempersingkat waktu, tenaga, dan pikiran saya memutuskan untuk menggunakan kedua framework tersebut.

Oke, Langsung saja tidak perlu banyak percakapan disini, langsung anda lihat review dari aplikasinya. Bisa kalian kembangkan jika anda mendapat proyek yang hampir sama, atau bisa juga sebagai media belajar bagi anda yang ingin menguliknya.


Berikut adalah tampilan awal dari aplikasi ini, user terlebih dahulu memasukkan data diri secara lengkap. Jika sudah semua diisikan, maka data langsung ke simpan pada database dan lanjut masung pada pertanyaan BAB 1 s/d BAB 8. Untuk lebih jelasnya, lihat lagi gambar dibawah ini.



Berikut adalah tampilan pertanyaan dari aplikasi ini, terdapat Delapan BAB pada aplikasi ini yang memiliki total 58 pertanyaan. BAB yang saya maksud disini adalah, setiap tab-tab yang dibawahnya, yang masih terkunci. Anda harus menyelesaikan terlebih dahulu agar bisa melanjutkan ke pertanyaan BAB berikutnya.

Jika semua pertanyaan sudah diisikan, maka si user dapat men-download hasil yang sudah diisikan. Terdapat dua button yaitu "Menu Utama" untuk kembali ke halaman awal dan "Download .PDF" untuk memulai melakukan download dengan bentuk file .PDF


Jika saya coba memilih "Download .PDF" maka aplikasi akan memulai proses download file .PDF, Untuk hasil akhirnya akan seperti gambar dibawah ini.


Nah sampai disini proses selesai, jika user ingin mengisikan kembali maka user harus menggunakan nama yang berbeda tidak boleh sama dengan yang sudah di isikan. Karena disini saya menset field dari nama itu sebagai primary key.

Setiap aplikasi atau program yang kita buat sudah pasti terdapat kekurangan, disini saya coba juga kasih tau kepada anda yang ingin men-download dari aplikasi ini. Kekurangan apa saja yang ada pada aplikasi ini.

Kekuranga Dari Aplikasi :
- Menjadikan nama sebagai primary key : Ada yang bisa lebih unik lagi untuk menjadikan field nama sebagai primary key, contohnya yaitu : username.
- Pada bagian pengisian pertanyaan Check Box seharusnya user memilih salah satu yang diisikan, dan ketika user memilih bagian prioritas maka input text, yang seharusnya disable menjadi tidak disable.
- Ketika user tidak mengisikan sama sekali pertanyaan lalu klik button lanjutkan, tidak terdapat validasi untuk user harus mengisikan semua pertanyaan dan langsung masuk ke database dengan nilai kosong.
- Pada bagian per-BAB tidak bisa lanjutkan ke BAB berikutnya kecuali telah menyelesaikan pertanyaan pada layar. Tetapi user dapat melakuan pindah BAB dengan manual, dengan cara memasukkan link perBAB dari aplikasi.

Sekian yang dapat saya berikan, semoga dapat bermanfaat.

  Click to begin 2,42MB .rar 

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
February 1, 2017 at 1:07 AM delete

Terimakasih gan sudah berkunjung :-D

Reply
avatar
Ainun Najib
AUTHOR
December 13, 2017 at 4:06 AM delete

running programnya pake aplikasi apa ya

Reply
avatar

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *