Teknik Dasar Belajar Framework Codeigniter Dengan Mudah


Ngulik Kode - Pada kesempatan ini saya ingin membagikan teknik dasar belajar Framework Codeigniter, kita akan belajar memahami cara kerja Model, View, Controller atau yang biasa disebut dengan singkatan MVC pada Framework Codeigniter. Langsung saja masuk ke pembahasan kali ini.


Membuat File Controller Pertama Anda

Sebagai langkah pertama, kita akan membuat satu buah file controller untuk menampilkan sesuatu teks ke dalam halaman web. Oleh itu, anda siapkan sebuah folder kerja dari Codeigniter pada folder htdocs, lalu beri nama folder dari Codeigniter dengan nama "latihanci". Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.


Pada folder latihanci ini akan terus kita gunakan dalam latihan-latihan dasar penggunaan Codeigniter. Selanjutnya anda buka file config.php yang berada di dalam folder latihanci\application\config\, lalu lihat pada file di dalam file tersebut terdapat skrip program seperti dibawah ini :

$config['base_url'] = ' ';

Lalu kalian rubah menjadi seperti ini :

$config['base_url'] = 'http://localhost/latihanci/';

Hal ini dilakukan agar nama domain dapat digunakan di seluruh bagian kode program yang ada di Codeigniter. Selanjutnya, siapkan satu file, kemudian beri nama file tersebut dengan nama balajar.php dan simpan file tersebut dalam folder latihanci\application\controllers. Kemudian anda ketik skrip program dibawah ini :

Skrip belajar.php

<?php
class Belajar extends CI_Controller{
function index(){
echo "Ngulik Kode - Hello Codeigniter...";
}
}
?>

Selanjutnya, anda coba jalankan pada browser dengan cara menuliskan link URL  seperti berikut ini http://localhost/latihanci/index.php/belajar/ maka hasilnya akan seperti gambar berikut :


Selanjutnya, kita membuat fungsi baru pada file controller belajar.php, misalnya kita akan membuat fungsi dengan nama salam_ucapan pada kelas belajar. Skrip program dapat anda lihat pada teks yang bercetak tebal dibawah ini :

Skrip belajar.php

<?php
class Belajar extends CI_Controller{

function index(){
echo "Ngulik Kode - Hello Codeigniter...";
}

function salam_ucapan(){
echo "Ngulik Kode - Selamat Belajar Framework Codeigniter...";
}
}
?>


Selanjutnya, anda coba jalankan pada browser dengan cara menuliskan link URL  seperti berikut ini http://localhost/latihanci/index.php/belajar/salam_ucapan maka hasilnya akan seperti gambar berikut :


Begitu pun seterusnya anda coba. Kesimpulannya yang dapat di ambil adalah bahawa kelas belajar dapat memanggil fungsi index dan salam_ucapan untuk dijalankan dan ditampilkan hasilnya pada web browser

Membuat File View Pertama Anda

Pada pembahasan ini, intinya masih sama dengan pebahasan sebelumnya, yaitu kita akan menampilkan sebuah kalimat pada halaman web browser, namun dengan mengimplementasikan file view. Nah, yang menjadi pertannyaannya, bagaimana cara mengimplementasikannya ?

Pertama, anda buat sebuah file controller dengan nama buku.php misalnya, lalu letakkan file controller tersebut pada folder latihanci\application\controllers. Contoh skrip programnya seperti berikut ini :

Skrip buku.php

<?php
class Buku extends CI_Controller{

function index(){
$this->load->view('view_buku');
}
}

?>

Karena pada function index me-load atau memanggil file view_buku.php, maka kita harus membuat file tersebut, kemudian simpan file view_buku.php tersebut pada folder latihanci\application\views. Contoh skrip programnya seperti berikut ini : 

Skrip view_buku.php

<html>
<head>
<title>Contoh Penggunaan View Codeigniter</title>
</head>

<body>
Ada buku android terbaru loh, siapa kah penulis buku itu ?
</body>

</html>

Sekarang anda jalankan skrip program tersebut pada browser anda dengan mengetikkan alamat URL seperti berikut http://localhost/latihanci/index.php/buku, maka hasilnya adalah seperti gambar berikut ini :


Sekarang kita coba menggunakan dua view dan me-load atau memanggilnya secara bersamaan pada sebuah fungsi file controller. Untuk itu anda buka kembali file controller buku.php, kemudian tambahkan skrip program yang bercetak tebal di bawah ini :

Skrip buku.php

<?php
class Buku extends CI_Controller{

function index(){
$this->load->view('view_buku');
}

function semua(){
$this->load->view('view_buku');
$this->load->view('view_penulis');
}
}
?>

Karena pada function index me-load atau memanggil file view_penulis.php, maka kita harus membuat file tersebut, kemudian simpan file view_penulis.php tersebut pada folder latihanci\application\views. Contoh skrip programnya seperti berikut ini :

Skrip view_penulis.php

<html>
<head>
<title>Contoh Penggunaan View Codeigniter</title>
</head>

<body><br />
<b>Muhammad Sholihin</b>, ternyata si penulisnya...
</body>
</html>

Sekarang anda jalankan skrip program tersebut pada browser anda dengan mengetikkan alamat URL seperti berikut http://localhost/latihanci/index.php/buku/semua, maka hasilnya adalah seperti gambar berikut ini :


Sekian yang dapat saya berikian kepada kalian, semoga dapat bermanfaat.

Sumber Referensi : Buku Trik Cepat Membangun Aplikasi Berbasis Web dengan Framework Codeigniter, Penulis : Yenda Perbadian

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *