Belajar Membuat Aplikasi Score Basket Sederhana Pada Android


Ngulik Kode - Pada kesempatan kali ini saya kembali untuk membagikan tutorial android, cara membuat papan score sederhana android. Pada aplikasi ini kita akan membuat perhitungan score pada pertandingan bola basket dengan dua team, Team A melawan Team B. Pada aplikasi ini kita akan menggunakan Widget TextView dan Button, tutorial ini hanya merupakan sebagai contoh awal penerapan pada aplikasi. Jika anda ingin mengembangkannya, anda bisa menerapkannya langsung pada papan score yang sesungguhnya dengan pemanfaatan aplikasi android sebagai control score nya. cukup menarik kan ? Langsung saja kita mulai untuk membuat aplikasi ini.

1. Buat Project Baru

Seperti biasa, sebelum kita memilai ingin membuat sebuah aplikasi, kita harus membuat terlebih dahulu project baru, beri nama project sesuai dengan apa yang ingin kita bikin, contoh "Papan Score" atau bisa anda tentukan nama sendiri : Membuat Project Baru dan Menjalankan Project di Android Studio

2. Mulai Membuat Codingan

2.1. Jika sudah membuat project baru anda langsung bisa membuka file bernama MainActivity.java. Anda bisa mengikuti baris instruksi menjadi kode seperti dibawah ini :

MainActivity.java


2.2. Jika sudah melakukan perubahan pada file MainActivity.java Sekarang kita masuk pada file activity_main.xml Untuk melakukan perubahan juga, hingga menjadi seperti kode dibawah ini :

activity_main.xml


2.3. Jika sudah melakukan perubahan file activity_main.xml menjadi seperti kode di atas, sekarang kita coba jalankan project. Jika berhasil maka hasilnya akan seperti gambari dibawah ini :


Kurang lebih seperti itu tampilan dari aplikasi yang kita bikin, aplikasi ini masih bisa di bilang sangat basic sekali dari contoh aplikasi-aplikasi sederhana yang ada. Tetapi tidak ada salahnya anda mencobanya juga bagi anda yang baru pertama kali ingin belajar pemrogramman android.

Sekian tutorial yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat.

0 comments

Posting Komentar