Cara Implementasi Fungsi Session Pada Framework Codeigniter 3



Ngulik Kode - Halo semuanya, pada kali ini saya ingin membagikan kembali tutorial cara implementasi session pada framework codeigniter 3. Sebelumnya sudah pada taukan apa itu session pada PHP ? Session adalah sebuah variable sementara yang di tampung pada Server (Bukan Database), walaupun kita mebuka beberapa halaman baru. Biasanya session akan hilang ketika kita telah menutup web browser kita.

Agar kita dapat menggunakan class session, kita perlu me-load class library session.php kedalam file controller. Contoh seperti pada kode di bawah ini :



Membuat dan Mengakses Session

Datam php nativ, fungsi yang di panggil untuk menjalankan session adalah session_start(); bagian awal skrip. Kalau di codeigniter bagian ini tidak diperlukan. Contoh kode fungsi session pada PHP nativ seperti dibawah ini:



Maka beda sekali halnya jika kita menggunkan session pada codeigniter. Kita dapat langsung menuliskan kode seperti dibawah ini :



Sebagai contoh dari code di atas :



Dan untuk mengakses session yang di gunakan sebelumnya, anda dapat menggunakan kode seperti contoh dibawah ini :



Jika ingin menampilkan hasil dari variable session yang sudah di inputkan anda tinggal menambahkan echo saja, sehingga menjadi seperti contoh kode dibawah ini :



Jika ingin melihat lebih jelasnya hasil input dan output dari fungsi session anda bisa klik link "Demo" dibawah ini. Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat.

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *