Belajar Membuat Radio Streaming Android Sederhana Dengan Android Studio

Membuat Radio Streaming Android Sederhana

Ngulik Kode - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan kepada kalian tutorial belajar membuat radio streaming pada android. Sesuai dengan judul di atas tutorial ini sangat sederhana, bagi kalian yang baru pertama kali ingin belajar pemrogramman android, kalian bisa mencoba salah satu tutorial dari sekian banyak tutorial pemrogramman aplikasi android sederhana yang ada agar dapat memahami konsep dasar pemrogramman android dan cara kerja apalikasi radio streaming.

Tidak perlu panjang lebar saya jelaskan disini, langsung saja kita ikuti langkah-langkahnya untuk memulai membuat aplikasi radio streaming, cara membuatnya seperti dibawah ini :

1. Membuat Project Baru

Seperti biasa, sebelum kita memilai ingin membuat sebuah aplikasi, kita harus membuat terlebih dahulu project baru, beri nama project sesuai dengan apa yang ingin kita bikin, contoh "Radio Streaming" atau bisa anda tentukan nama sendiri Membuat Project Baru dan Menjalankan Project di Android Studio

2. Memulai Membuat program

2.1. Setelah anda melakukan pembuatan project baru untuk aplikasi radio streaming ini, anda bisa memulai penulisan kode program. Sekarang anda buka file activity_main.xml lalu anda lakukan perubahan dengan mengetikkan kode program menjadi seperti kode dibawah ini :

activity_main.xml


2.2. Jika sudah, sekarang anda melakukan perubahan pada file MainActivity.java. lakukan perubahan pada file tersebut dengan mengetikkan kode program hingga menjadi seperti kode dibawah ini :

MainActivity.java


2.3. Jangan lupa juga, anda lakukan perubahan pada file AndroidManifest.xml. penambahan kode permision INTERNET, karena disini kita akan menggunakan koneksi internet untuk dapat menjalankan aplikasi radio streaming ini.

Lakukan perubahan hingga menjadi seperti kode di bawah ini :

AndroidManifest.xml


2.4. Sampai disini proses pembuatan aplikasi Radio Streaming sudah selesai, sekarang anda lakukan adalah menjalankan project. Jika tidak ada yang error pada aplikasi kita maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

Radio Streaming Sederhana

Jalankan dengan menekan button "PLAY" tunggu beberapa saat hingga suaranya terdengar.

Cukup mudah kan untuk membuatnya ? Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda yang baru belajar.

9 komentar

  1. gimana caranya nambah stasiun radionya bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga anda dengan buat activity baru dengan url stasiun yang berbeda.. Jika punya cara lain silahkan di kembangkan lagi. Terima Kasih

      Hapus
  2. Como hacer que aparezca en la notifiacion?

    BalasHapus
  3. boleh di update tak tutorial ini

    kan lebi bagus ada butten vol up dan butten reload dan juga butten nya di bahagian bawa lebi cintik

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. gimana caranya menambahkan service notifikasi atau receiver

    BalasHapus
  6. klo ga keluar suara kenapa y gan

    BalasHapus
  7. kalo pengen munculin track name gimana ya bang?
    munculin judul lagu gitu

    BalasHapus
  8. suka ... tapi ga ngerti html gmn nyatuin html nya biar jadi aplikasi

    BalasHapus


EmoticonEmoticon