Tutorial Membuat Aplikasi Senter Dengan Pemanfaatan Flash Kamera Pada Android


Ngulik Kode - Pada kesempatan kali ini saya ingin kembali membuat tutorial cara membuat senter pada android dengan penggunaan flash kamera. Aplikasi ini dapat meghidupkan dan mematikan senter dengan tombol sederhana. Perlu anda ketahui, aplikasi ini hanya di targetkan untuk perangkat ponsel, tapi jika anda ingin mencobanya pada perangkat tablet, saya tidak yakin aplikasi ini dapat digunakan. Dan pastinya juga perangkat sudah memiliki flash pada kamera.


Sebelum kita mulai membuat kode program pertama kita sediakan beberapa gambar untuk digunakan sebagai tombol untuk menyalakan atau mematikan dari senter yang kita akan buat. Untuk gambarnya seperti dibawah ini :

Kemudian setelah itu anda juga menyiapkan sound effect untuk ketika tombol di tekan memiliki effect suara saklar seperti sesungguhnya.


Untuk kedua file tersebut saya sudah menyiapkanya untuk anda, Jadi anda tinggal unduh dan bisa langsung mencoba membuat aplikasinya. UNDUH DISINI (ImageButton) - UNDUH DISINI (SoundEffect)


Membuat Proyek Baru

Jika semua file sudah siap, sekarang kita masuk pada pembuatan aplikasi. Sebelum membuat aplikasi kita perlu membuat sebuah project baru.

Membuat Proyek Baru Pada Eclipse
  • Membuat proyek baru pada Eclipse IDE dengan membuka menu File ⇒ New ⇒ Android Application Project
Membuat Proyek Baru Pada Android Studio
  • Membuat proyek baru pada Android Studio dengan membuka menu File ⇒ New ⇒ New Project

1. Buka file AndroidManifest.xml dan anda tambahkan yang diperlukan. Pada aplikasi ini saya tidak menggunakan mode landscape hanya menggunakan mode potrait. Untuk hanya menggunakan mode portrait anda dapat menggunakan kode berikut android:screenOrientation=”portrait” properti.

android.permission.CAMERA - Digunakan untuk mengakses prangkat kamera
android.hardware.camera - Digunakan untuk mengakses fitur hardware kamera

AndroidManifest.xml


2. Letakkan semua file gambar yang anda download, kedalam directory Drawable. Pada file gambar button saya memberikan nama dengan btn_switch_on.png dan btn_switch_off.png

3. Buat file XML dengan nama radial_background.xml lalu simpat pada directory res ⇒ drwable. Pada file ini digunakan untuk membuat background pada aplikasi.

radial_background.xml


4. Sekarang anda buka file activity_main.xml yang berada pada folder res ⇒ layout dan ketikkan kode seperti berikut. File layout ini berfungsi untuk layar utama dari aplikasi.

Pada kode berikut kita menggunakan background gradient menggunakan file radial_background.xml yang telah kita buat tadi. Setelah itu kita pasang sebuah ImageButton dengan gambar switch.

activity_main.xml


5. Kemudian selanjutnya, buka file MainActivity.java lalu lakukan perubahan seperti kode dibawah ini. Pada kode berikut hanya untuk melakukan deklarasi variabel yang di butuhkan.

MainActivity.java


Pengecekkan Perangkat Tersedia Flashlight atau Tidak

Pada langkah ini adalah langkah yang paling penting untuk memperingati pengguna dengan menampilkan dialog pesan kalau perangkat tidak tersedia Flashlight.

6. Masih tetap pada file MainActivity.java lalu lakukan perubahan/penambahan kode seperti dibawah ini. Pada kode ini lah dialog pesan yang akan di tampilkan jika perangkat tidak tersedia Flashlight dan akan menutupnya dengan finish() 

MainActivity.java


Fungsi Menyalakan Senter

7. Untuk menyalakan senter bisa dilakukan dengan menyetel flash kamera ke FLASH_MODE_TOUCH. Dua fungsi berikut getCamera() dan turnOnFlash() akan bekerja untuk kita, maka langkah yang perlu anda lakukan adalah tambahkan fungsi ini kedalam file MainActivity.java.

MainActivity.java

Fungsi Mematikan Senter

8. Flashlight juga bisa dimatikan dengan cara mengatur mode flash menjadi FLASH_MODE_OFF. Lalu tambahkan fungsi dibawah ini kedalam MainActivity.java.

MainActivity.java


Kemudian pemanggilan function klik button.


Fungsi Perubahan Gambar Ketika Tombol Diklik on/off

9. Pada fungsi ini melakukan perubahan gambar ketikan tombol pada mode on atau pada mode off. toggleImageButton() dipanggil pada fungsi turnOnFlash() dan turnOffFlash(). Lalu tambahkan Kode seperti berikut.

MainActivity.java


Fungsi Menambahkan Effect Suara Pada Tombol

10. Langkah selanjutnya adalah membuat effect suara seperti saklar ketika button di klik yang pertama adalah anda siapkan terlebih dahulu file dengan format mp3 dengan nama file light_switch_on.mp3 untuk effect suara ON ketika tombol di klik dan file satu lagi dengan nama light_switch_off.mp3 untuk effect suara OFF ketika tombol di klik. Kedua file tersebut sudah saya sediakan diatas.

11. Kemudian kalian buat folder raw didalam folder res, Lalu letakkan kedua file tersebut pada folder raw yang sudah kalian buat (res ⇒ raw ⇒ light_switch_on.mp3, light_switch_off.mp3).

12. Jika semua sudah dilakukan sekarang kita mulai tambahkan fungsi playSound() pada  file MainActivity.java, pada fungsi ini juga dipanggil pada fungsi turnOnFlash() dan turnOffFlash(). Selanjutnya tambahkan kode seperti dibawah ini.

MainActivity.java


13. Kemudian jangan lupa matikan kamera ketika keluar dari aplikasi, karena mungin aplikasi lain ada yang membutuhkan akses kamera juga. Lalu tambahkan kode seperti berikut pada file MainActivity.java.

MainActivity.java

Kode Langkap MainActivity.java

14. Berikut kode langkapnya dari beberapa potongan penjelasan diatas. 

MainActivity.java

Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat.

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *