Belajar Laravel : Cara Install Composer Laravel Pada XAMPP


Ngulik Kode - Composer adalah sebuah tools pakage manager yang di fungsikan untuk mengelola pakage pada proyek pemrogramman PHP salah satunya yaitu Framework Laravel dengan penggunaan Composer ini. Dengan menggunakan Composer ini, akan menjadi lebih mudah dalam mengelola depedency (library) yang dibutuhkan pada aplikasi php ini antara lain adalah pengaturan, autoload, download hingga update depedency, semua menjadi akan lebih mudah dengan penggunaan Composer ini.


Download & Install Composer Untuk Windows

Untuk sebelum memulai menggunakan Composer ini yang pertama perlu dilakukan adalah men-Download dan Install Composer pada Windows. Silahkan langsung saja menuju ke situs https://getcomposer.org/ untuk mendapatkan Installer Composer resmi.


Setelah anda download, lalu jalankan installer untuk memulai proses installasi.  Perlu anda ketahui  untuk install Composer ini kita perlu terhubung dengan koneksi internet, karena selama proses tersebut, installer akan mendownload komponen Composer yang dibutuhkan.

Setelah menjalankan file installer Composer-Setup.exe maka akan muncul jendela setup Composer seperti gambar dibawah ini, Lalu klik next untuk memulai menjalankan installer.


Kemudian pastikan kita sudah meng-Install local server, bisa menggunakan xampp, wampp atau yang lainya. yang terdapat file php.exe pada folder installasi local server, jika sudah pilih next untuk melanjutkan proses installasi.


Pilih lokasi local server anda, saya disini menggunakan xampp, jika sudah klik next kemudian tunggu sampai proses Installasi Composer selesai lalu klik finish. Untuk cek apakah composer sudah terinstall dengan benar atau belum bisa anda cek seperti berikut :


Jika seperti ini proses installasi composer anda sudah berhasil tinggal bisa anda gunakan untuk proses development aplikasi menggunakan framework laravel, yang akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung pada blog ini. :)

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *