Belajar Laravel : Laravel Content Project (app & bootstrap) PART I


Ngulik kode - Hallo guys kembali lagi nih bareng saya admin yang katanya baru nongol di Ngulik kode 😆. Pada article ini kita bakal bahas seluruh content atau isi project laravel (maksudnya yang ada di dalam folder project laravel). Tapi karna kita mau bahas semua fungsi seluruh content jadi mimin manage postnya, article ini membahas folder app dan bootstrap.



Review!
Jadi kemarin kita udah install semua kebutuhan laravel mulai dari composer sampai install laravel yang berlokasi di htdocs (monggo mampir).

Materi!
Oke ini adalah materi lanjutan, jadi setiap folder dan file di dalam project laravel punya fungsi masing-masing yang berkesinambungan dengan folder dan file lain yang tentunya tetap di dalam project laravel .

Contoh : maksud berkesinambungan itu gimana sih?
laravel adalah framework yang arsitektur aplikasinya MVC (Model View Controller), pada file model adalah tempat untuk memaparkan field yang berhubungan dengan file view dan mengkoneksikan database menggunakan file controller.

----------------------------------------------------------------------------------------------------

Content laravel project


Folder :

  • app
Kernel and Handler
Oke yang pertama kita bahas file Kernel.php yang berada di folder Console, file Kernel.php berfungsi untuk ketika kita berinteraksi dengan aplikasi kita melalui command line, dan ketika kamu menggunakan artisan, scheduled job is processed,  queued job is processed, semua itu kita bisa gunakan dan setting di console kernel. 

Kedua Handler.php yang berada pada folder Exceptions, file itu berfungsi sebagai Error handler authenticated, yang terdapat pada default file tersebut ketika kita login bukan sebagai auth, kita akan di redirect ke route login, jika kita memiliki banyak guard atau banyak user dan banyak admin dan banyak pilihan redirect kita bisa menambahkan kondisi pada file disini .

Controller and middleware
Ketiga, seluruh file yang berada di folder controller berfungsi untuk mengatur bagaimana mengambil data dari database, bagaimana source bisa terhubung dengan model, bagaimana ketika suatu aksi direspon dengan reaksi dengan menampilkan view yang harus sesuai dengan route.

Keempat, seluruh file yang berada di folder middleware berfungsi untuk membatasi suatu page beserta routenya, pada php native dikatakan SESSION, nah ketika kita memiliki multiple user kita harus membatasi hak aksesnya kemana saja si user akan di arahkan, semua itu bisa setting di middleware.

Nah di folder http terdapat juga file Kernel.php, file kernel di http berbeda dengan di console, perbedaannya yang terdapat di folder http digunakan untuk memproses permintaan yang masuk melalui web (HTTP), contohnya seperti request, ajax, dan sebagainya.

Providers
Providers adalah tempat utama semua bootstrap laravel, dan juga semua layanan inti Laravel di-bootstrap melalui service provider. Apa yang dimaksud dengan "bootstrapped"? Secara umum, laravel bermaksud mendaftarkan barang, termasuk me-registrasi service container bindings, middleware, dan route. Service provider adalah tempat utama untuk mengkonfigurasi laravel.


Bootstrap
Pada folder bootstrap disini bukan tempat untuk menyimpan file style page dari framework bootstrap, tetapi digunakan untuk inisialisasi (setting up path & environments) framework.

Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung pada blog ini, next kita bahas folder config 💪😁.

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *