Belajar Laravel : Laravel Content Project (config/app) PART II


Ngulik kode - Hallo guys kembali lagi nih bareng saya admin yang sekarang sering nongol di Ngulik kode 😆. Pada article ini kita bakal bahas config/app laravel. Config laravel terdapat banyak file yang masing-masing di dalam filenya terdapat banyak fungsi tersendiri, tetapi sekarang kita fokus ke app.php, oke kita mulai materinya!.




Review!
Jadi kemarin kita udah bahas tentang app dan bootstrapnya laravel, ini adalah materi lanjutannya, buat kalian yang belum belajar silahkan mampir (disini).

Materi!
Seluruh file konfigurasi framework Laravel berada di direktori CONFIG, sebetulnya semua file yang berada di Laravel sudah terdapat dokumentasi supaya kita bisa mengetahui apasih fungsi file tersebut?, tidak hanya file di konfigurasi saja tentunya.




--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Application name adalah nama dari aplikasi kalian sendiri (Laravel). Value ini digunakan ketika framework kita ingin diberikan nama aplikasi, nama aplikasi bisa ditempatkan di berbagai lokasi aplikasi anda dengan syarat kita memanggil package dengan
{{ app()->getName() }}



application environment adalah app yang memutuskan bagaimana anda memilih untuk konfigurasi layanan yang terdapat di aplikasi Laravel anda pada file .env




Application Debug Mode adalah sebuah app yang bisa kalian pakai saat digunakan untuk debugging aplikasi kalian, seluruh error dan stack akan tercetak, untuk memakainya ganti status menjadi true sebaliknya false.



Application URL berfungsi untuk menghasilkan URL dengan benar dengan menggunakan artisan console (command promt), kita harus masuk ke directory Laravel supaya bisa memakai artisan.



Application Timezone, disini kalian bisa menggunakan value date-time untuk dipaparkan pada aplikasi Laravel kalian.



Application Locale Configuration, fungsi ini dipakai untuk menentukan bahasa apa yang akan digunakan pada aplikasi Laravel, kalian juga bisa mengganti bahasanya sesuai keinginan.



Encryption Key, fungsi ini digunakan oleh Illuminate encrypter service, dan akan diubah menjadi nilai random, 32 karakter string, jika aplikasi Laravel kalian ingin di deployment pastikan lakukan enkripsi.



Autoloaded Service Providers, service provider yang tercantum akan dimuat secara otomatis jika aplikasi anda melakukan request.



Class alias digunakan ketika jika kita ingin menggunakan class yang digunakan singkat, kita juga bisa menggunakannya saat di artisan command line.

Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung pada blog ini, ikuti terus perkembangannya ya 💪😁.

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *