Cara Membuat Runing Text Effect (Tulisan Berjalan) Pada Aplikasi Android


Ngulik Kode - Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan kembali tutorial cara membuat tulisan berjalan pada aplikasi android, sebenarnya membuat tulisan berjalan pada aplikasi android ini sangat lah mudah, semudah hampir sama seperti membuat tulisan berjalan pada code HTML. Tapi dalam membuat aplikasi android tidak ada menggunakan code HTML ya guys, yang ada code Java dan XML.


Sample dari tutorial ini seperti gambar diatas, ingin tau bagaimana cara membuatnya ? Langsung saya ikuti terus tutorialnya dibawah ini.

Langkah pertama adalah membuat project baru atau bisa langsung di implementasikan langsung pada project yang sedang kalian buat. Disini saya akan mencontohkannya pada project baru saya.

Jika sudah membuat project baru maka akan tampil seperti gambar diatas, kemudian anda masuk pada bagian XML nya untuk meletakkan tulisan yang nantinya akan dijalankan. Jika sudah langsung anda ketikkan kode perti kode dibawah ini pada activity_main.xml.



Penjelasan :
Perhatikan pada kode dibawah ini pada bagian TextView, kode ini lah yang berfungsing untuk membuat effect menggerakkan pada tulisan tika tulisan yang kita buat sangat panjang.



Kode Lengkap activity_main.xml



Pada kode lengkap seperti diatas itu, akan tampak seperti gambar dibawah ini.


Kemudian masuk pada bagian file Java, lalu anda ketikkan kode seperti gambar dibawah ini. MainActivity.java


Setelah itu coba anda jalankan projectnya apakah berhasil atau tidak, selamat mencoba, dan semoga berhasil... dan... Keep Ngulik Kode :)

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *