Membuat Enkripsi dan Dekripsi Dengan Algoritma Blowfish Pada Aplikasi Android



Ngulik Kode - Pada kesempatan ini saya ingin meberikan contoh enkripsi dan deskripsi dengan algoritma blowfish pada aplikasi android. Pada project kali ini saya akan mencontohkan contoh senderhana aplikasi dengan menerapkan algoritma blowfish pada aplikasi android.

Project yang kita akan buat adalah merubah text dengan enkripsi dan membacanya dengan  dekripsi.
ohh iya mungkin masih ada yang masih bingung yaa apa itu enkripsi dan dekripsi ?

Enkripsi :

Enkripsi yaitu suatu proses pengaman suatu data yang disembunyikan atau proses konversi data ( plaintext ) menjadi bentuk yang tidak dapat dibaca/ dimengerti.

Dekripsi :

Sedangkan Dekripsi yaitu kebalikan dari proses enkripsi yaitu proses konversi data yang sudah dienkripsi ( ciphertext ) kembali menjadi data aslinya ( Original Plaintext ) sehingga dapat dibaca/ dimengerti kembali.

Penjelasan Sedikit Tentang Blowfish

Blowfish merupakan algoritma kunci simetrik cipher blok yang dirancang pada tahun 1993 oleh Bruce Schneier untuk menggantikan DES. Pada saat itu banyak sekali rancangan algoritma yang ditawarkan, namun hampir semua terhalang oleh paten atau kerahasiaan pemerintah Amerika. Schneier menyatakan bahwa blowfish bebas paten dan akan berada pada domain publik. Dengan pernyataan Schneier tersebut blowfish telah mendapatkan tempat di dunia kriptografi, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan algoritma kriptografi yang cepat, kuat, dan tidak terhalang oleh lisensi. [Wikipedia]

Keberhasilan blowfish dalam menembus pasar telah terbukti dengan diadopsinya blowfish sebagai Open Cryptography Interface (OCI) pada kernel linux versi 2.5 keatas. Dengan diadopsinya blowfish, maka telah menyatakan bahwa dunia open source menganggap blowfish adalah salah satu algoritma yang terbaik. Kesuksesan blowfish mulai memudar setelah kehadiran algoritma-algoritma dengan ukuran blok yang lebih besar, seperti AES. AES sendiri memang dirancang untuk menggantikan DES. Sehingga secara keseluruhan AES lebih unggul dari DES dan juga blowfish.


Selengkapnya tentang blowfish [official] : http://www.schneier.com/blowfish.html

Mulai Membuat Aplikasi Android :

Pada gambar dibawah ini contoh hasil jadi aplikasi yang akan kita buat.



Langkah pertama adalah membuat project dengan android studio, jika belum tau cara membuat project pada android studio lihat refrensi link dibawah berikut : http://www.ngulikode.com/2015/07/membuat-project-baru-dan-menjalankan.html

Kemudian buka file activity_main.xml pada project android studio lalu ketikkan kode seperti dibawah ini :

activity_main.xml


Kemudian kalian buka file MainActivity.java pada project android studio kemudian ketikkan kode seperti dibawah ini :

MainActivity.java


Untuk proses enkripsinya kalian bisa lihat pada file MainActivity.java nya pada baris 59. kode diatas. Dan untuk proses dekripsinya kalian bisa lihat pada file MainActivity.java juga pada baris 73. kode diatas.

Sampai disini proses pembuatan aplikasi algoritma blowfish nya sudah selesai tinggal kalian jalankan projectnya jika tidak error maka akan tampak gamabr seperti dibawah ini :


Sekian tutorial yang dapat saya berikan semoga dapat bermanfaat dan bisa dikembangkan lagi untuk keperluan proyek yang sedang kalian kerjakan. :)

Download Source

Latest
Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *