Tutorial Membuat Project Aplikasi Kompas Pada Android



Ngulik Kode - Halo semuanya, kembali lagi dengan saya membahas tentang tutorial android, membuat project dengan memanfaatkan sensor kompas pada android. Pada project ini bisa juga di manfaatkan nantinya untuk sebagai penunjuk arah kiblat, yang akan saya buatkan juga tutorialnya di blog ini.

Langsung aja kita mulai projectnya.

Seperti biasa langkah pertama kita buat dulu project android studionya, pastikan kita membuat project dengan java ya bukan menggunakan kotlin, karena pada tutorial ini saya mencontohkan hanya menggunakan java.

Kemudian langkah kedua kita membuat class untuk sensor kompasnya dengan membuat file Compass.java dan mengetikkan kode seperti di bawah ini :

Jika sudah membuat file compass.java kemudian ke file activity_main.xml, kita akan membuat tampilan untuk kompasnya kemudian ketikkan code seperti berikut :

Kemudian siapkan gambar untuk kompasnya dan jarum kompasnya seperti dibawah ini dan berikan nama dial.png untuk kompasnya dan hands.png untuk jarum kompasnya, di usahakan gambarnya png ya biar gambar backgroundnya bisa transparant. Kemudian letakkan pada direktori drawable pada project androidnya.

dial.png
hands.png


Jika sudah selanjutnya buka file MainActivity.java, lalu ketikkan kode seperti berikut :

Kemudian kita langsung jalankan project androidnya jika sudah semua, apakah ada yang error atau tidak jika tidak error maka akan tampil seperti gambar berikut.

 

Sekian tutorial dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kolam komentar diabawah. Terima kasih


Latest
Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *