Tutorial Cara Memasang Iklan Model Interstitial Dengan Android Studio


Ngulik Kode - Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tutorial kembali kepada anda. Cara memasang iklan dengan model Interstitial pada android menggunakan Android Studio dan pada artikel sebelumnya saya telah membahas beberapa tipe iklan yang sering kali muncul pada aplikasi android pada umumnya. Sekarang saatnya saya mencoba memberikan tutorial cara menerapkanya pada aplikasi.


Pada kali ini saya mencoba menerapkan iklan dengan Google Admob pada Android Studio, langkah pertama yang perlu anda siapkan adalah anda harus memiliki terlebih dahulu akun Google Admob. jika sudah memilikinya langsung masuk ke langkah - langkah berikutnya. yaitu dengan membuat iklan pada akun Google Admob. Tapi pada kali ini anda tidak perlu membuat iklan terlebih dahulu pada akun Google Admob anda, karena ini hanya masa percobaan. anda hanya menerapkannya dengan kode iklan contoh yang sudah disediakan oleh Google Admob.
Kode Contoh Iklan Tipe Banner : ca-app-pub-3940256099942544/6300978111
Kode Contoh Iklan Tipe Interstitial :  ca-app-pub-3940256099942544/1033173712
Anda dapat menggunakannya kode contoh diatas untuk menampilkan iklan contoh, ya hanya iklan contoh saja yang ditampilkan. Karena kita menghindari terjadinya invalid klik yang dapat menyebabkan akun Google Admob anda terkena banned oleh pihak Google karena dianggap kita menklik iklan kita sendiri walaupun yang dilakukan itu tidak sengaja.

1. Konfigurasi SDK

Langkah pertama anda masuk terlebih dahulu ke SDK Manager untuk melakukan konfigurasi, pastikan pada bagian Google Play Service sudah ter-Install. Jika sudah ter-Instal tapi diminta untuk melakukan update, silahkan anda update terlebih dahulu.


Jika Install atau Update Google Play Service Library sudah dilakukan maka anda masuk pada bagian Gradle pada proyek Android Studio anda. Menambahkan Google Play Service Library pada aplikasi dengan memasukan kode berikut ini di build.gradle yang biasa terletak di NamaProyek/App/
compile 'com.google.android.gms:play-services-ads:7.5.0'

Jika sudah melakukan penambahan kode diatas, dan lihat hasilnya apakah ada error atau tidak jika tidak ada yang error maka anda dapat melanjutkan pada proyek Android Studio berikut.

2. Melakukan Perubahan Proyek Android Studio

Untuk lemetakkan meta-data tag Google Play Service, permision dan activity yang dibutuhkan oleh mobile ads SDK, lakukan perubahan pada file AndroidManifest.xml menjadi seperti kode berikut.


Selanjutnya melakukan perubahan pada bagian activity_main.xml yang berada pada folder res layout lakukan perubahan seperti kode dibawah ini.

Sekarang masuk pada bagian string.xml yang terletak pada folder values, dan lakukan penambahan kode seperti dibawah ini.
<string name="interstitial_ad_unit_id">GANT_KODE_IKLAN_ANDA</string>

Pada bagian GANT_KODE_IKLAN_ANDA anda dapat menggantinya dengan id unit iklan anda atau menggunakan contoh kode iklan yang sudah saya sediakan pada bagian atas. Karena kita ingin menampilkan contoh kode iklan interstitial maka anda harus memilihnya juga contoh kode iklan interstitial.

Selanjutnya adalah masuk pada bagian MainActivity.java lakukan perubahan kode seperti contoh kode dibawah ini.

Sekarang anda coba perhatikan pada bagian kode dibawah ini.


Pada bagian ini fungsi dari menampilkan iklan ketika sebuah button ditekan maka iklan akan muncul, nah sekarang bagaimana caranya kita dapat menampilkan iklan ketika sebuah activity dibuka maka otomatis iklan akan muncul ? Perhatikan pada kode MainActivity.java diatas sudah di masukkan kode untuk membuka iklan ketika sebuah activity dibuka maka iklan secara otomatis akan muncul, yaitu kode pada bagian seperti dibawah ini.

Sekarang anda tinggal menjalankan proyek yang sudah anda buat untuk memeriksa apakah ada yang error atau tidak jika tidak ada yang error maka hasilnya akan seperti dibawah ini.


Sekian tutorial yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat untuk anda. Jika masih bingung dari penjelasan diatas dan anda ingin melakukan pertanyaan silahkan tanyakan pada bagian kolam komentar dibawah ini.

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
July 28, 2017 at 11:56 AM delete

boleh minta source codenya yang udah jadi?

Reply
avatar

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *