Tutorial Membuat Project Aplikasi Android Petunjuk Arah Kiblat Sederhana

Ngulik Kode - Halo, kembali lagi dengan saya untuk membahas tutorial membuat aplikasi petunjuk arah kiblat pada aplikasi android dengan memanfaatkan sensor pada perangkat android yang sudah saya bahas pada tutorial sebelumnya, anda bisa membacanya pada link dibawah.

Baca Selengkapnya disini :
Tutorial Membuat Project Aplikasi Kompas Pada Android

Saya sarankan sebelum melanjutkan tutorial ini sebaiknya anda baca terlebih dahulu tutorial diatas. Jika sudah langusng saja kita mulai tutorialnya.

Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuat proyek baru pada android studionya, pada tutorial ini saya membuat proyeknya tetap menggunakan java bukan kotlin ya.


Kemudian kalian tambahkan permission untuk akses lokasi GPS terlebih dahulu pada file AndroidManifest.xml dan mengetikkannya seperti berikut :


Kemudian langkah berikutnya dengan membuat file baru dengan nama Compass.java dan mengetikan seperti kode di bawah ini :

Kemudian langkah berikutnya lagi dengan membuat file baru dengan nama GPSTracker.java dan mengetikkannya seperti kode di bawah ini :


Kemudian siapkan asset untuk gambar kompas dan kiblatnya, kalian bisa membuat sendiri atau bisa menggunakan gambar-gambar yang sudah saya sediakan di google drive, bisa langusng kalian download dan langsung digunakan. Download Assets Arah Kiblat

Langkah selanjutnya adalah membuat tampilah untuk kompas dan arah kiblatnya lalu menambahkan kode activity_main.xml hingga menjadi seperti kode dibawah ini :


Kemudian balik lagi untuk ngoding bagian MainActivity.java nya, dengan mengetikkan kode seperti berikut :


Sekarang kita bisa coba dengan menjalankan project yang sudah kita buat dan koding untuk memastikan tidak ada error dan berjalan sesuai mestinya. Jika berhasil akan menjadi seperti gambar dibawah ini.



Sekian tutorial yang bisa saya berikan, semoga dapat dipahami untuk semua dan jika ada pertanyaan bisa ditanyakan di kolam komentar dibawah. Terima kasih

1 komentar

  1. Untuk menampilkan data dari hasil penentuan kiblat tersebut bagaimana ya kak? Dalam format derajat. Misal arah kiblat di kota x = 65° 24' 00''. Terimakasih

    BalasHapus


EmoticonEmoticon