Belajar Membuat Kalkulator Android Sederhana



Ngulik Kode - Kali ini saya ingin memberikan tutorial belajar andorid cara membuat aplikasi kalkulator sederhana dengan menggunakan Android Studio. Jika anda baru pertama kali belajar pemrogramman android, tidak ada salahnya anda mencoba salah satu tutorial yang sangat sederhana ini, agar lebih memahami lagi konsep dari operasi android.

Langsung saja masuk pada pembahasan, cara membuatnya seperti dibawah ini :

1. Buat Project Baru

Seperti biasa, sebelum kita memilai ingin membuat sebuah aplikasi, kita harus membuat terlebih dahulu project baru, beri nama project sesuai dengan apa yang ingin kita bikin, contoh "Kalkulator" atau bisa anda tentukan nama sendiri : Membuat Project Baru dan Menjalankan Project di Android Studio

2. Mulai Membuat Program

2.1. Jika anda sudah melakukan membuat project baru, sekarang anda bisa langsung membuat program kalkulator ini. Anda buka file MainActivity.java lalu anda lakukan perubahan pada kode program menjadi seperti kode program dibawah ini :

MainActivity.java


2.2. Jika sudah, lalu anda tambahkan file pada directoy java dengan nama ControllerActivity.java lalu pada file tersebut ketikkan kode program hingga menjadi seperti kode dibawah ini :

ControllerActivity.java

3.3. Jika sudah menambahkan file dan merubah kode program, sekarang kembali membuat file java satu lagi dengan nama ModelActivity.java lalu anda ketikkan kode perogram seperti pada kode dibawah ini :

ModelActivity.java


2.4. Setelah selesai pada file java, sekarang menuju file activity_main.xml lalu lakukan perubahhan kode program seperti kode dibawah ini :

activity_main.xml


2.5. Sampai disini proses sudah selesai, sekarang tinggal anda jalankan project aplikasi kalkulaor ini. Jika tidak ada yang error maka akan muncul seperti hasil gambar dibawah ini :


Sekian tutorial yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *