Belajar Implementasi Perangkat Kamera Pada Aplikasi Android


Ngulik Kode - Pada kesempatan kali ini saya ingin kembali memberikan tutorial cara implement perangkat kamera pada aplikasi android. Pada saat ini untuk dapat belajar android itu tidak begitu sulit, dibandingkan oleh beberapa tahun lalu karena kurangnya tutorial dan forum diskusi untuk developer android ini. Dulu pernah sempat terpikir untuk membuat aplikasi dengan pemanfaatan perangkat kamera pada android, namun karena kurangnya informasi untuk bagaimana cara mulai membuatnya jadi sempat tertunda. Sekaranglah saatnya saya ingin membagikan kepada anda yang baru ingin belajar membuat aplikasi android dengan pemanfaatan perangkat kamera pada android ini.


Langsung saja untuk memulai membuat aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Membuat Proyek Baru

Memulai membuat sebuah aplikasi pada android, langkah yang paling utama adalah membuat proyek baru, agar proyek yang lama tidak tercampur dan dapat menimbulkan error.

Membuat Proyek Baru Pada Eclipse
  • Membuat proyek baru pada Eclipse IDE dengan membuka menu File ⇒ New ⇒ Android Application Project
Membuat Proyek Baru Pada Android Studio
  • Membuat proyek baru pada Android Studio dengan membuka menu File ⇒ New ⇒ New Project

1. Setelah selesai membuat proyek baru, kemudian buka file activity_main.xml lalu lakukan perubahan pada file tersebut hingga menjadi seperti kode dibawah ini.

activity_main.xml

Ada dua bagian yang kita gunakan pada layout yaitu Button dan ImageView. Pada bagian Button digunakan untuk mengaktifkan pengambilan gambar lewat kamera, dan kemudian pada bagian ImageView digunakan untuk menampung gambar hasil jepretan untuk di tampilkan.

2. Kemudian selanjutnya buka file MainActivity.java lalu lakukan perubahan hingga menjadi seperti kode dibawah ini. Berikut adalah kode lengkapnya untuk file MainActivity.java.

MainActivity.java

Jika sudah selesai sampai bagian ini, sekarang kita coba jalankan aplikasi untuk mencobanya terdapat error atau tidak. Jika aplikasi tidak ada yang error maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.

 

Nah itu dia hasil dari proyek yang kita bikin. Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat dan sampai bertemu pada tutorial berikutnya.

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *