Cara Mendapatkan Google Map API Key



Ngulik Kode - Halo pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tutorial cara mendapatkan Google Map API Key yang nanti akan di lanjutkan untuk membuat project aplikasi google map dengan Android Studio. Jika anda dalam membangaun aplikasi android dan memanfaatkan fitur dari Google Map ini tutorial ini sangat cocok sekali untuk handa dalam tahap awal membangun aplikasi Android dengan menggunakan Google Map dan Android Studio. Sebelum menuju website Developer Android, kita perlu beberapa yang harus dipersiapkan yaitu SHA1 pada komputer/laptop kita. Bagaimana cara mendapatkannya ?


1. Menyiapkan SHA1

Ada dua macam cara untuk mendapatkan kode SHA1 pada komputer/leptop kita yaitu:
yang pertama anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan ADT ( Android Developmen Tools )
dan yang kedua anda juga bisa mendapatkannya dengan menggunakan CMD ( Command Prompt )

Nah pada tutorial ini saya tidak akan membahas kedua cara di atas saya akan membahas salah satu cara yang ada diatas yaitu menggunakan  CMD ( Command Prompt )

Buka CMD dengan cara tekan logo Windows + R lalu ketikan CMD lalu jalankan, setelah CMD jalan. Masuk ke folder /bin pada folder /Java/jdk. Contoh "C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_13\bin"
Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini


Lalu pastikan terdapat file yang bernama debug.keystore yang biasanya terdapat pada direktori " C:\Users\<user>\.android\debug.keystore " Contoh " C:\Users\Sholihin\.android\debug.keystore " pastikan file bernama debug.keystore ada, jika ada anda dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya untuk mendapatkan SHA1 yang akan digunakan untuk membuat Google Maps API key. 

Kita beralih kembali ke Command Prompt atau CMD dan ketikan :
keytool -list -v -alias androiddebugkey -keystore <path_to_debug_keystore>debug.keystore -storepass android -keypass android
Contoh eksekusinya sebagai berikut :
keytool -list -v -alias androiddebugkey -keystore C:\Users\Sholihin\.android\debug.keystore -storepass android -keypass android


Gambar seperti contoh diatas menandakan proses debug keystore berhasil. Lalu anda catat SHA1 nya saja. Contoh SHA1 adalah DB:00:FE:5C:F0:96:E8:78:EB:AA:09:58:59:E7:1B:8B:0A:17 dan nanti akan kita gunakan dalam membuat Google Android API Key.

2. Membuat Google Map API Key

Sebelum membuat Google Map API Key, pastikan anda memiliki akun google/gmail terlebih dahulu. Karena pada tahap ini anda diharuskan login menggunakan akun Google Mail / Gmail. Jika belum punya akun Gmail, anda bisa membuatnya terlebih dahulu, daftar pada alamat http://gmail.com. apabila sudah memiliki akun Google, silahkan anda langsung kunjungi halaman ini : http://code.google.com/apis/console/?pli=1
Langkah pertama, mengaktifkan Google Maps Android API v2. klik Create Project.


Selanjutnya akan muncul kotak dialog untuk anda menamakan project name yang akan anda buat, Jika sudah selesai memberi nama pada project anda, lalu anda bisa melanjutkannya dengan klik button Create.

Tunggu sampai peroses selesai, jika sudah selesai akan menuju halaman baru lalu anda klik menu yang ada disebelah kiri layar cari menu API Manager lalu klik jika sudah lalu klik Credintials Lalu klik Add Credintials dan pilih yang paling atas API key. Lalu akan muncul kotak dialog "Create a new key" anda langsung saja memilih Android Key. Karena kita akan membuat aplikasi android jadi kita pilih saja Android key, jika anda ingin membuat aplikasi untuk iOS juga bisa dengan memilih iOS key.



Jika semua sudah dilakukan seperti contoh diatas anda akan menuju halaman berikutnya seperti gambar dibawah ini, Setelah itu anda berinama Android API key nya sesuai dengan project yang anda buat. Jika sudah semua, lalu klik Create.


Jika sudah akan muncul API key yang anda buat, Lalu catat di API key anda yang nantinya akan anda gunakan untuk membuat aplikasi android.

Sekian totorial dari saya, yang bisa saya sampaikan jika ada kekurangan dalam penulisan mohon dimaafkan. sampai ketemu ditutorial Google Maps dan Android Studio berikutnya :) Jika ada yang kurang jelas bisa anda tanyakan di kolam komentar dibawah, jagan malu-malu untuk bertanya :) *Salam Programmer Indonesia.

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *