Cara Implementasi Scan Kartu Kredit Dengan Card IO dan Android Studio


Ngulik Kode - Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tutorial cara membuat metode pembayaran dengan kartu kredit dengan sistem scan kartu kredit untuk aplikasi android. Teknologi scan kartu kredit ini sudah pernah digunakan pada aplikasi Transportasi Online yang cukup ternama di Indonesia yaitu Uber. Dengan pemanfaatan teknologi ini, dapat memudahkan user dalam input data kartu kredit tanpa perlu memasukkan angka dan huruf secara manual.


Pada tutorial ini saya menggunakan Library tambahan yang telah di sediakan Card IO, Library ini yang nantinya dapat melakukan pembacaan kartu kredit dengan cara scan menggunakan kamera HP android yang kita punya. Langsung saja kita coba implementasikan pada aplikasi android yang akan kita buat.

1. Buat Project Baru Android Studio

Seperti biasa, sebelum kita memilai ingin membuat sebuah aplikasi, kita harus membuat terlebih dahulu project baru, beri nama project sesuai dengan apa yang ingin kita bikin, contoh "Card IO" atau bisa anda tentukan nama sendiri : Membuat Project Baru dan Menjalankan Project di Android Studio

2. Memulai Membuat Program

2.1 Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah buka file gradle kalian, lalu tambahkan Library Card IO dengan cara mengetikkan seperti dibawah ini :

Build.Gradle


2.2 Selanjutnya adalah anda lakukan perubahan pada pada AndroidManifest.xml dengan menambahkan permision seperti contoh code dibawah ini :

AndroidManifest.xml


2.3. Jika sudah, Sekarang masuk pada pembuatan layout, untuk tampilan pada android, kemudian lakukan perubahan pada file activity_main.xml dengan mengetikkan kode seperti kode dibawah ini :

activity_main.xml

Jika sudah mengetikkan kode layout seperti yang dicontohkan diatas, maka akan tampak tampilan seperti gambar berikut :


2.4 Sekarang mulai kita masuk pada pemrogramman java, kemudian anda buka file MainActivity.java lalu tambahkan kode dengan mengetikkan seperti contoh berikut :

MainActivity.java


Sampai disini proses pembuatan sudah selesai, sekarang kita tinggal mencobanya dengan menjalankan aplikasi pada android studio, dan anda siapkan juga Kartu Kredit sebagai simulasi dalam proyek yang kita buat kali ini. Jika tidak terdapat error pada aplikasi maka hasilnya akan tampak seperti gambar animasi dibawah ini :

*Pada proses scan kartu kredit tidak dapat di screenshot karena, Dicegah oleh kebijakan keamanan.
Jadi saya hanya menampilkan hasil awal dan akhirnya saja. Seperti gambar dibawah ini :


Oh iya perlu anda ketahui lagi, tutorial kali ini hanya sebagai simulasi saja, dengan pemanfaatan teknologi scan kartu kredit dengan menggunakan kamera HP pada android. Dan tidak terkoneksi pada bank yang sesungguhnya. Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, dan apa yang saya berikan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *