Menggabungkan (Merge) Array di JavaScript



Banyak cara untuk menggabungkan array pada JavaScript. Kalian bisa menggunakan cara yang panjang ataupun yang pendek. Okay, akan saya tunjukkan beberapa cara tersebut pada artikel ini.
Ketika bekerja dengan array di JavaScript, ada kasus dimana kalian ingin menggabungkan banyak array sekaligus. Contoh, array dengan data-data yang berhubungan datang dari sumber yang berbeda dan kalian ingin menggabungkannya menjadi satu array.

Kalian bisa menggabungkannya dengan berbagai cara.

1. Menggunakan Spread Operator pada JavaScript


Menggunakan operator ini pada arrays, kalian bisa menggabungkan nilai dalam array sekaligus.


Pada variabel merged, kita membuat array baru dan kemudian digabungkan menggunakan titik tiga kali (...) diikuti variable array1 kemudian array2. Sekarang kalian lihat di console kalian, hasil dari variabel array adalah gabungan dari variabel array1 dan array2.


Kalian juga bisa menggunakan operator ini untuk beberapa array:



Pada variabel merged kali ini, kita memanggil variable array3, kemudian array2, dan yang terakhir array1.


2. Menggunakan Array.concat pada JavaScript


Kalian bisa menggunakna metode concat array untuk menggabungkan nilai dalam array dengan nilai baru untuk membuat array baru.


Nilai ini bisa berupa angka, string, boolean, object, atau array.


Method ini menerima parameter sebagai berikut:



Dengan menjadikan array sebagai parameter, kalian bisa menggabungkan array yang sudah ada dengan array yang akan digabungkan untuk membuat array baru. Contohnya seperti ini:



Seperti yang kalian lihat, isi dari array1 digabungkan dengan isi dari array2 untuk menjadi array baru yang dimasukkan ke varibel merged.


Kalian juga bisa menggunakan beberapa paramter untuk digabungkan:



Pada contoh ini, kita menggunakan metode concat pada array3 yang berarti isi dari array3 adalah nilai yang pertama digabungkan dalam array.


Untuk paramater, kita memanggil array2 dahulu, yang berarti isi dari array2 berada setelah array3, dan kemudian diikuti isi dari array1.


3. Menggunakan Array.push pada JavaScript


Metode push array digunakan untuk push(add) nilai baru ke akhir dari isi array.



Dengan menggunakan metode ini, kalian dapat menambahkan (selanjutnya saya sebut push) sebuah array baru ke array yang sudah ada untuk membuat proses penggabungan.



Di sini, kita menggunakan perulangan for untuk mengulang nilai dari array2, dan setiap pengulangan, kita push nilai pada indeks ke array1.


Diakhir perulangan, kalian lihat isi dari array1 sekarang berubah, yaitu ditambahkan isi dari array2.


Selain memakai cara perulangan, kalian juga bisa menggunakan spread operator untuk metode push. Metode push menerima beberapa parameter yang dipisah dengan koma, kalian bisa menambahkan array lain di metode ini, dan mereka akan ter-push semua ke array yang menggunakan metode push.



Kalian juga bisa melakukan metode ini pada beberapa array:


Di sini, kita panggil metode push pada array3, lalu menambahkan array2 dengan spread operator, dan kemudian diikuti array1 sebagai parameter yang akan dipush ke array3.


Penutup


Pada artikel kali ini kalian sudah mempelajari cara menggabungkan array di JavaScript. Diantara ketiga ini, kalian paling suka pakai cara yang mana nih?


Jangan lupa share ya. Supaya ilmu yang sudah kalian pelajari tidak lupa.


Happy Coding!

0 comments

Posting Komentar