Cara Membuat Dan Menampilkan Animasi GIF Gambar Gerak Pada Android Studio


Ngilik Kode - Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan cara untuk menampilkan animasi gambar bergerak seperti GIF pada android studio. Pada dasarnya android studio tidak dapat menampilkan atau tidak dapat membuat gambar bergerak langsung menggunakan file dengan format GIF. Agar kita dapat menampilkan animasi gambar gerak kita harus melakukan koding sedikit, dengan metode  animation-list  dengan mengatur waktu durasi gerakan pada gambar. Dalam kasus ini anda dapat menerapkannya seperti animasi loading, tutorial cara berwudhu, tutorial cara senam, dan lain sebagainya.



Pada artikel kali ini saya ingin mencontohkannya kepada kalian membuat animasi loading pada android misalnya. Lalu apa saja yang kalian harus persiapkan ? yang harus anda persiapkan adalah kumpulan gambar seperti gambar dibawah ini.



Pada kumpulan gambar itu lah yang nantinya akan di jadikan gambar bergerak dengan mengatur waktu durasi gerak pada gambar melalui kodingan. Masih belum kebayang ? Oke, langsung masuk saja ke cara berikutnya adalah membut proyek baru pada Android Studio. 

Jika sudah membuat proyek baru, atau menjalankan proyek yang sudah ada. Sekarang anda meletakkan semua gambar yang sudah anda siapkan tadi kedalam directory drawable pada Android Studio.


Jika sudah memindahkan semua gambar yang dibutuhkan, sekarang anda tinggal membuat file XML di dalam directory drawable. saya kasih contoh beri nama animasi_loading.xml lalu ketikan seperti kode dibawah ini



Kemudian jika sudah, lanjut ke file layout, lalu pilih file layout yang ingin di tampilkan gambar. Untuk menampilkan gambar kita menggunakan ImageView Lalu kita menambahkan kode ImageView seperti kode dibawah ini.



Jika sudah menambahkan kode ImageView pada layout, sekarang kita masuk pada file Java lalu tambahkan kode hingga menjadi seperti kode dibawah ini.


Jika sampai proses ini sudah dilakukan, sekarang kita test proyeknya, apakah ada yang error atau tidak. Jika tidak ada yang error maka akan tampil seperti dibawah ini.


Sekian tutorial yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Jika masih kurang pahan dari penjelasan saya dan ada yang ingin di tanyakan silahkan komentar dibawah.



Previous
Next Post »

8 komentar

Write komentar
Writer
AUTHOR
19 November 2016 16.30 delete

kak share gambarnya dong yang loading buat belajat
terimakasih

Reply
avatar
20 November 2016 14.14 delete

Ok nanti saya upload file gambarnya.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
21 Desember 2016 05.22 delete

mas saya salah pas setBackroundResource benerin nya gimana tuh ?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
14 Februari 2017 20.31 delete

mas ko yg punya saya tidak bergerak ya mas

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
5 April 2017 21.45 delete

bang kalo mau bikin animasi hewan ada tutorial nya ga?

Reply
avatar
Aryo Dimas
AUTHOR
11 Februari 2020 22.13 delete

mas punya saya kok gak gerak ya, trus di file layout, ImageView nya ada garis bawah merah nya

Reply
avatar
AK Blogger
AUTHOR
3 Juni 2020 08.01 delete

AnyConv is a new free online document converter service. AnyConv will convert your documents from one format to another. https://anyconv.com/

Reply
avatar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *