Menampilkan File PDF Pada Apalikasi Android Dengan Android Studio


Ngulik Kode - Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba memberikan tutorial kembali kepada taman-teman cara menampilkan file PDF pada aplikasi android dengan menggunakan Android Studio. Langsung saja kita mulai tutorialnya.

Langkah pertama membuat project baru pada android studio teman-teman lalu tambahkan build.gradle seperti dibawah ini, library yang akan kita gunakan untuk menampilkan file PDFnya nanti.
implementation 'com.github.barteksc:android-pdf-viewer:3.2.0-beta.1'

Jika sudah lalu teman-teman lakukan sync pada project android studio agar bisa menggunakan librarynya.


Membuat Folder Asses

Langkah pertama teman-teman bikin dulu folder assets pada android studionya, jika teman-teman belum tau cara membuat folder assets pada android studio teman-teman bisa mengikutinya dengan membaca tutorial pada link dibawah :

Tambahkan File PDF Pada Folder Assets

Kemudian tambahkan file dengan format PDF ke folder assets yang sudah di buat, pada tutorial ini saya akan menambahkan file dokument Mata Kuliah dengan nama file matakuliah_reguler_2.pdf. teman-teman bisa menggunakan file lainya dengan format PDF.

Kita Mulai Koding

Kemudian teman-teman masuk ke file layout activity_main.xml kemudian ketikkan seperti kode dibawah ini :


Kemudian teman-teman masuk ke file java MainActivity.java lalu ketikkan hingga menjadi seperti kode dibawah ini :

Setelah semua sudah di lakukan dan tidak ada error pada baris kode teman-teman bisa langsung jalankan project android studionya dan lihat hasilnya akan seperti gambar dibawah :


Sekian tutorial yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini, semoga teman-teman bisa memahami tulisan yang saya berikan, jika teman-teman ada pertanyaan bisa langsung komentar di kolam komentar dibawah. Terima Kasih

Keep Ngulik Kode ✊

0 comments

Posting Komentar