Proyek GudangKita Bagian 1 – Setup Aplikasi : Membuat Splash Screen, Mengganti Icon Aplikasi, Dan Setup Tema Aplikasi


Tutorial Membuat CRUD Aplikasi Android Dengan Firebase Pada Proyek GudangKita Bagian 1 – Setup Aplikasi : Membuat Splash Screen, Mengganti Icon Aplikasi, Dan Setup Tema Aplikasi



Ngulik Kode - Assalamu’alaikum teman-teman selamat datang di artikel pertama saya di Blog Ngulik Kode. Perkenalkan saya Admin MuhFikriH, disini kita akan belajar bersama-sama membuat CRUD dengan Firebase pada Aplikasi Android dengan Bahasa pemrograman Java. Bagi yang belum tau apa itu Firebase, saya akan bantu menjelaskan nya di lain Artikel. Di artikel ini saya asumsikan temen-temen sudah mengetahui apa itu Firebase. Nah artikel ini akan terbagi menjadi beberapa part. Jadi bagi yang ingin mempelejari nya, silahkan simak setiap artikel nya karena itu semua akan menjadi bagian yang berkelanjutan. Langsung aja yuk kita mulai.

1. Buat Project Android

Buka IDE kesayangan teman-teman, kalo disini saya menggunakan Android Studio. 

  • Pilih “Start a new Android Stuideo project”
  • Pilih “Empty Activity”


  • Sesuaikan requirement device untuk Aplikasi kita


  • Tunggu hingga proses selesai dan Aplikasi anda sudah selesai dibuat
  • Migrate projek anda ke AndroidX
  • Klik tab Refactor -> Migrate to AndroidX


2. Setup Library

Disini kita akan menggunakan beberapa library untuk menunjang kebutuhan aplikasi kita, diantaranya sebagai berikut :
Nama Library Source Keterangan
ButterKnife  Source Library untuk Binding View
SDP Source Library untuk menulis satuan size yang akan responsive terhadap setiap ukuran device.
Picasso Source Library untuk menampilkan gambar
Converter GSON Source Library untuk mengkonversi data JSON ke GSON begitu juga sebaliknya
Google Material Source Library agar kita bisa menggunakan widget-widget dari Material Google
Firebase Source Library yang akan menjadi Library utama kita agar bisa menggunakan
  • Buka file build.gradle(app) anda lalu ubah menjadi seperti berikut.


3. Mengganti Icon Aplikasi

  • Siapkan gambar yang akan menjadi icon anda. Disini saya menggunakan asset dari iconfinder.com jika teman-teman ingin membuat nya sama seperti saya, silahkan download icon pada halaman berikut.
  • Download gambar gratis : Source
    Download file dalam bentuk SVG
  • Import gambar
  • Buka kembali projek aplikasi teman-teman, lalu buka direkrori App->res->mipmap. Klik kanan pada folder mipmap, lalu pilih new->Image Asset seperti pada gambar

  • Pilih letak file yang sudah anda siapkan pada form "path" lalu klik Next seperti pada gambar.
Jika kalian ingin mengganti warna background pada icon, klik pada bagian "Background Layer" dan pilih color, lalu masukkan kode hexa warna yang kalian inginkan.



  • Klik finish maka Icon sudah siap digunakan


  • Edit file pada AndroidManifest.xml menjadi seperti berikut. 


  • Ubah pada bagian :
    - android:icon
    - android:roundIcon
  • Run kembali projek anda, maka icon aplikasi anda akan berubah.

4. Membuat SplashScreen

  • Buat Activity berikut dengan nama SplashScreenActivity.
    Klik kanan pada direktori gudangkita, lalu pilih new->Activity->Empty Activity


  • Centang kolom Launcher Activity
  • Edit file activity_splashscreen.xml menjadi seperti berikut.


  • Edit file SplashScreenActivity.java menjadi seperti berikut.


  • Edit file AndroidManifest.xml, hapus tag <intent filter> pada bagian MainActivity (Jika ada), seperti pada kode berikut :


  • Dan berikut hasilnya



Baik teman-teman sekian dulu tutorial GudangKita kali ini. Jika ada saran, kritik, atau pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar ya. Semoga ilmunya bermanfaat, terima kasih dan maaf bila ada salah kata. Sampai jumpa di artikel berikutnya.



Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *