Belajar Nodejs Bagian 1 – Cara Mudah Install Node.js di Windows 10

Ngulik Kode - Halo semuanya, balik lagi bersama saya dalam tutorial belajar node js bagian 1 yaitu cara install node.js di windows 10, lalu apa saja yang perlu disiapkan untuk menginstall node.js ini ?

Mari sama-sama kita ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah :

1. Langkah-Langkah Install Node.js

Bagian ini adalah tahapan-tahapan untuk menginstall node.js pada windows 10, ikuti langkah-langkahnya agar teman-teman bisa berhasil menginstallnya : 
  1. Buka halaman resmi dari node.js untuk mendownload installer yang kita inginkan, karena disini saya mencontohkan dengan menggunakan windows jadi pilihnya yang "Windows Installer".

    Atau biasanya juga halaman websitenya sudah membaca sistem operasi yang kita gunakan, seperti gambar berikut, lalu kita pilih LTS


  2. Kemudian akan langsung ke download sesuai dengan bit pada kebutuhan laptop teman-teman.


  3. Kemudian jalankan installer Node.js.msi yang telah kita didownload lalu klik accept lecense agreement lalu klik next.


  4. Tentukan lokasi installasi yang kita inginkan, bisanya langsung next aja karena windows akan mengarahkan secara default folder installasinya.


  5. Pada custom setup kita langsung next aja.


  6. Install dependencies, dengan mencentang "Automatically install the necessary tools. ...", kemudian next.


  7. Klik "install" untuk memulai proses instalasi



    Catatan: Pada bagian ini biasanya instalasi akan membutuhkan privilese sebagai Administrator, maka langsung klik "Yes" apabila muncul opsi untuk meminta izin Admin untuk melakukan instalasi.

  8. Selamat Installasi Selesai.

2. Pastikan Node.js Yang Kita Install Sudah Benar

Kemudian teman-teman coba buka command prompt, lalu ketikkan perintah seperti berikut, untuk melihat versi dari Node.js yang telah terinstall di komputer/laptop teman-teman. Ketikkan seperti berikut : 
node -v

Dan perintah untuk menjalankan melihat versi npm yang terinstall di komputer/laptop teman-teman dengan mengetikkan seperti berikut :

npm -v 

Jika Node.js telah terinstall dengan benar maka akan tampil seperti gambar berikut : 


3. Update Versi npm


npm adalah package manager pada JavaScript atau Node.js, Sebagai tahap akhir instalasi Node.js pada windows 10 ini tidak lupa kita akan mengupdate versi npm. Instalasi npm ini walaupun satu pake dengan instalasi Noje.js, tetapi tidak terupdate secara otomatis ke versi terbarunya, sekalipun kita menginstall Node.js dengan versi terbaru.

Sehingga, kita harus tetap mengupdate versi terlebih dahulu agar versi yang kita gunakan yang terbaru. Berikut ini contoh perintah untuk mengupdate npm dengan menggetikan command pormpt seperti berikut :

npm install npm --global

Kemudian cek kembali versi npm teman-teman dengan menggetikkan perintah berikut, lalu bandingkan dengan versi sebelumnya 

npm -v 

Berikut output hasil update npm di command prompt :



npm berhasil terupdate dari versi 8.11.0 ke 8.17.0

Selamat mencoba, semoga teman-teman dapat berhasil dan semoga bermanfaat, sampai bertemu pada tulisan-tulisan saya berikutnya. 

0 comments

Posting Komentar