Cara Menjumlahkan Nilai yang Ada Di Dalam Array Pada JavaScript


 Ngulik Kode - Dalam tutorial kali ini kita akan belajar 2 cara menjumlahkan nilai pada array di JavaScript.

  1. Menggunakan for Loop
  2. Menggunakan method reduce()
Bagaimana cara menjumlahkan Array pada JavaScript?

Contoh 1 - Menggunakan for Loop untuk menjumlahkan Array di JavaScript
for Loop adalah metode perulangan yang bisa kita gunakan untuk menjumlahkan array. Kita dapat menggunakannya untuk menambahkan semua angka dalam array dan menyimpannya pada variabel JavaScript.

Penjelasan: 
Pada line 1 kita akan membuat variabel berupa array yang berisi angka-angka, angkanya bebas terserah kalian ya. Kita buat lagi variabel dibawah line 1, kita isi saja nilainya 0. 

Nah pada line 3 ini kita akan melakukan perulangan hingga memenuhi kondisi yang telah dibuat menggunakan metode for Loop. for Loop ini memiliki tiga ekspresi.
for (ekspresi 1; ekspresi 2; ekspresi 3) {
    // kode yang akan dieksekusi
}

Ekspresi 1 diisi dengan nilai dari variabel. Ekspresi 1 akan dieksekusi hanya satu kali.

Ekspresi 2 ini adalah kondisi. Jika kondisi di dalam ekspresi ini benar, maka pengulangan akan berjalan, jika salah maka perulangan akan gagal/tidak berjalan.

Ekspresi 3 akan memperbarui nilai dari Ekspresi 1 jika kondisi dari Ekspresi ke 2 ini benar.

Perulangan ini akan terus berjalan hingga kondisi dalam Ekpresi ke 2 ini bernilai false atau salah.

Pada line 3 di ekpresi 1 kita membuat variabel i dengan nilai 0, lalu ekspresi 2 kita mengkondisikan apabila nilai dari variabel i kurang dari panjang angka yang ada dalam variabel array di line 1, maka ekspresi 3 akan menjalankan penambahan (++) pada variabel i yang ada di ekspresi 1.

Di line 4, yaitu apa yang akan kita ulang hingga memenuhi hasil. Disini kita akan mengulang variabel sum pada line 2 hingga mendapatkan nilai yang kita inginkan. Operator += pada line 4 sama saja seperti sum = sum + array[i]. Artinya nilai sum akan terus bertambah sesuai hingga memenuhi kondisi dari ekspresi 2.

sum = 0 + array[0];

//output: 1

sum = 1 + array[1];

//output: 3

sum = 3 + array[2];

//output: 6

sum = 6 + array[3];

//output: 10

sum = 10 + array[4];

//output: 15

Nah, sudah ketemu diakhir ekspresi ke 2 karena nilai i sudah sama dengan panjang dari variabel array dan hasil akhir jika kita log nilai dari variabel sum adalah 15.

 

Contoh 2 - Menggunakan method reduce() untuk menjumlahkan Array di JavaScript
Kalian dapat menggunakan metode reduce() dalam JavaScript untuk menemukan atau menghitung jumlah array angka.

metode reduce() dalam JavaScript menjalankan fungsi reducer yang ditentukan pada setiap value array yang menghasilkan nilai single output, contoh:

Penjelasan:
Pada line 1 kita membuat variabel berupa array berisi angka-angka, angkanya bebas terserah kalian.
Lalu pada line 4 kita membuat variabel yang berguna untuk menyimpan nilai dari hasil reduce kita. Kemudian kita panggil variabel array bersamaan dengan method reduce, array.reduce(callbackFn, initialValue).

Method reduce() ini memiliki beberapa parameter, tapi saya tidak akan menjelaskan semuanya. Kita akan memakai 3 parameter saja seperti pada contoh di atas.
reduce(function(previousValue, currentValue)) {
    //kode yang akan dieksekusi
}, initialValue);
previousValue adalah nilai yang dihasilkan dari panggilan sebelumnya ke callback function.
currentValue adalah nilai dari elemen saat ini.
initalValue (optional) jika initialValue ini ditentukan, maka ini akan jadi nilai untuk previousValue. Jika nilai initialValue tidak ditentukan, maka previousValue akan menggunakan nilai awal dari variable array di line 1 dan currentValue menggunakan nilai ke 2 pada variabel array di line 1.

Cukup sampai disini untuk pembahasan mengenai cara menjumlahkan nilai yang ada di dalam array pada JavaScript. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Jika kalian bingung atau mendapatkan error silahkan komentar dibawah.

0 comments

Posting Komentar