Cara Membuat Kustomisasi Type Google Maps Pada Aplikasi Android Dengan Android Studio


Ngulik Kode - Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tutorial Google Maps kembali, yaitu cara membuat kustomisasi type google maps pada aplikasi android dengan android studio. Agar tutorial yang saya berikan tidak lompat-lompat dan dapat terarah maka saya ingin menghabiskan terlebih dahulu tutorial tentang google maps ini, dan hingga membuat contoh proyek sederhana dengan menggunakan google maps.


Jika anda belum membaja totorial yang sebelumnya, berkaitan dengan google maps pada blog ini saya akan berikan tutorial yang berkaitan dengan google maps agar anda dapat lebih memahami lagi. Berikut adalah link tutorial yang berkaitan dengan google maps pada aplikasi android dengan menggunakan android studio.

Tutorial Google Maps Android

Berikut adalah beberapa artikel yang sebelumnya sudah saya post pada blog ini, jika anda ingin melihatnya kembali silahkan pilih salah satu link diatas.

Pada tabel dibawah ini adalah kode-kode yang digunakan untuk menampilkan google maps berdasarkan type yang ingin ditampilkan.
Tipe Google Map
Kode
Keterangan
Normal setMapType(GoogleMap.MAP_TYPE_NORMAL); Menampilkan jalan beserta label namanya.
None setMapType(GoogleMap.MAP_TYPE_NONE); Pete tidak terlihat.
Hybrid setMapType(GoogleMap.MAP_TYPE_HYBRID); Tipe satelit yang ditambahkan tampilan label jalannya.
Terrain setMapType(GoogleMap.MAP_TYPE_TERAIN); Menampilkan data topografi daerah.
Satelit setMapType(GoogleMap.MAP_TYPE_SATELLITE); Menampilkan foto saja tanpa label jalan dan lainnya.
Nah, Sekarang langsung saja masuk dalam proses pembuatan kustomisasi type google map pada aplikasi android dengan android studio, apa saja langkah-langkah yang perlu diperhatikan ? berikut adalah langkah-langkah yang harus anda ikuti.

Membuat Proyek Baru

Berikut adalah langkah-langkah membuat proyek baru pada android studio, agar tidak terlalu banyak tulisan pada tutorial kali ini maka saya akan membahasnya dengan singkat saja.
  • Langkah pertama anda harus membuat proyek baru terlebih dahulu.
  • Kemudian melakukan konfigurasi pemberian nama proyek dan package.
  • Pada bagian penentuan build target, pilih SDK minimum versi yang ingin kalian gunakan.
  • Pada saat pemilihan Add an Activity to mobile, anda pilih Blank Acticity.
  • Pada choose optional for your new file, anda langsung saja klik Finish.
Jika masih kurang paham untuk membuat proyek baru pada android studio yang di jelaskan diatas anda dapat melihat tutorial sebelumnya : Membuat Project Baru dan Menjalankan Project di Android Studio
fdfa

Proses Pembuatan Kustomisasi Type Google Maps

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah, terlebih dahulu melakukan perubahan kode pada bagian activity_main.xml hingga menjadi kode seperti dibawah ini.

activity_main.xml


Jika sudah, langkah selanjutnya adalah sekarang anda masuk pada bagian file MainActivity.java rubah kode sebelumnya menjadi kode seperti dibawah ini.

MainActivity.java



Jika sudah, langkah selanjutnya adalah anda masuk pada bagian AndroidManifest.xml silahkan anda lakukan perubahan kode menjadi seperti contoh kode dibawah ini.

AndroidManifest.xml



Jika semua kode sudah melakukan perubahan seperti kode contoh diatas, maka langkah selanjutnya anda tinggal menjalankan proyek anda, apakah ada yang error atau tidak. jika tidak terdapat error maka tampilan akan seperti gambar dibawah ini.

 


 





Nah itu dia tampilan dari kustomisasi type google maps pada tutorial kali ini, jika masih kurang jelas apa yang saya sampaikan diatas, anda dapat menanyakannya pada kolam komentar dibawah ini. Sekian dari yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf.
Download
click to begin
35,95 MB

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *